Bisnis Kos Kosan adalah Bisnis yang Menguntungkan

Apakah bisnis kos kosan adalah bisnis yang menguntungkan? Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh orang-orang yang meragukan potensi bisnis kost. Hal ini sangat wajar mengingat modal yang diperlukan untuk memulai usaha kost sangat besar. Untuk memulai sebuah usaha rumah kost, seorang pengusaha kost perlu menyiapkan sebuah rumah kost yang harganya bisa mencapai angka ratusan juta hingga milyaran rupiah. Angka yang fantastis tersebut masih harus ditambahkan dengan modal untuk membeli perabotan dan peralatan elektronik seperti kulkas, televisi dan AC. Meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis kos kosan tanpa modal.

Terlepas dari besarnya modal yang harus disediakan, bisnis kos kosan menawarkan begitu banyak keuntungan.Beberapa keuntungan dari menjalankan usaha kost antara lain:

1. Permintaan akan rumah kost sangat tinggi

Kebutuhan akan rumah kost selalu bertambah setiap tahun. Hal ini disebabkan karena pangsa pasar bisnis kos kosan, yaitu mahasiswa dan karyawan selalu bertambah. Inilah yang menyebabkan bisnis kost selalu ramai. Untuk memaksimalkan keuntungan Anda, usahakan membangun rumah kost di dekat kampus atau pusat bisnis, karena kedua tempat tersebut merupakan lokasi yang sangat diincar oleh para penyewa kost.

2. Bisnis kos kosan memberikan penghasilan rutin dan jangka panjang

Penghasilan dari bisnis kost bersifat rutin dan jangka panjang, karena tiap bulan Anda akan menerima penghasilan dari hasil sewa kost. Jangka waktu sewa kost juga cukup lama, bisa mencapai beberapa tahun. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penyewa kost adalah mahasiswa yang merantau dari kota lain. Selama si penyewa kost masih kuliah, ia akan tetap menyewa kost Anda, bahkan beberapa penyewa kost yang telah lulus kuliah memilih untuk bekerja di kota tersebut dan memutuskan untuk tetap tinggal di kost.

3. Pengelolaan kost relatif mudah

Menjalankan usaha kos kosan bisa dibilang sangat mudah. Kerepotan Anda hanya akan terjadi di awal bisnis, yaitu pada saat menyiapkan kamar-kamar kost, mulai dari desain kamar kost, membeli perabotan dan peralatan elektronik yang menjadi fasilitas kost, mencari asisten rumah tangga dan petugas keamanan, serta mempromosikan kost. Setelah tahapan tersebut berlalu, Anda tinggal menyerahkan pengelolaan rumah kost kepada orang kepercayaan Anda. Sesekali Anda perlu berkunjung ke rumah kost untuk memeriksa keadaan kost, menerima uang sewa kost, serta membayar tagihan-tagihan seperti listrik, air dan gaji asisten rumah tangga dan satpam.

4. Peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan

Alasan lain mengapa bisnis kos kosan adalah bisnis yang menguntungkan adalah karena Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dari usaha ini. Selain dari uang sewa kost, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menyediakan jasa dan menjual barang-barang kebutuhan penghuni kost. Beberapa jasa yang dapat ditawarkan kepada penghuni kost antara lain laundry, antar jemput dan catering. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti pulsa, air mineral dan mi instan. Penggunaan beberapa fasilitas tertentu seperti AC, internet, televisi berlangganan dan kamar mandi dalam juga bisa diperhitungkan sebagai biaya tambahan diluar sewa kost.

5. Penghasilan lebih tinggi dibanding menyewakan rumah

Pada saat ingin memperoleh penghasilan pasif dari sebuah rumah, ada dua pilihan utama, yaitu disewakan atau dikostkan. Karena alasan kepraktisan, pada umumnya orang lebih memilih menyewakan rumahnya. Menjalankan usaha rumah kost memang sedikit lebih rumit dibanding menyewakan rumah, namun penghasilan yang diperoleh setimpal dengan pengorbanan yang dilakukan. Penghasilan dari menjalankan usaha kost jauh lebih tinggi dibanding menyewakan rumah, terlebih bila Anda menyediakan fasilitas tambahan seperti yang telah kami uraikan di atas.

6. Kondisi bangunan lebih terawat

Karena Anda rutin mengontrol rumah kost, maka kondisi bangunan atau rumah kost akan lebih terawat dibanding bila Anda menyewakan rumah. Sudah bukan rahasia umum bahwa penyewa rumah tidak terlalu memperhatikan perawatan rumah, sehingga pada akhir masa sewa Anda akan menerima rumah dalam keadaan bocor atau rusak, dan Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan atau renovasi sebelum menyewakan kembali rumah tersebut kepada orang lain.

7. Kenaikan harga rumah kost lebih tinggi

Andaikata suatu saat Anda ingin menjual rumah kost yang telah Anda kelola, maka harga rumah kost pasti lebih tinggi bila dibandingkan dengan rumah biasa. Selain karena kondisi bangunan yang lebih terawat, adanya penghasilan rutin dari anak kost juga menjadi nilai tambah. Calon pembeli rumah kost atau pihak lembaga keuangan yang memperhitungkan perkiraan harga rumah akan memasukkan penghasilan rutin tersebut sebagai salah satu nilai positif yang mampu meningkatkan harga jual rumah.

8. Menjalin relasi

Sudah jamak kita dengar cerita mengenai pensiunan yang hidup sendiri, jauh dari anak-anaknya yang tinggal di luar kota. Mereka memilih untuk mengekostkan rumah tinggal mereka. Selain memberikan penghasilan tambahan bagi mereka, kehadiran anak-anak kost juga mampu menjadi sumber keceriaan di hidup mereka. Ada juga cerita mengenai pengelola kost yang akhirnya menjalin hubungan bisnis dengan anak kost atau orang tua dari anak kost. Selain itu, kami juga pernah mendengar cerita mengenai pengelola kost yang menjalin hubungan yang erat dengan mahasiswa dari luar negeri yang mengikuti program pertukaran pelajar. Menjalankan bisnis kos kosan tidak melulu soal uang, namun lebih dari itu, menjalin hubungan dengan orang lain.

Itulah beberapa keuntungan bisnis kos kosan yang berhasil kami himpun. Bagaimana dengan Anda? Apakah ada keuntungan lain yang Anda peroleh dari menjalankan bisnis kost?

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN