Pangsa Pasar Bisnis Kost Bukan Hanya Mahasiswa

Berbicara mengenai bisnis kost tentu sangat identik dengan mahasiswa. Harus diakui bahwa pangsa pasar terbesar dari bisnis kost adalah mahasiswa, terutama para mahasiswa yang merantau dari kampung halamannya untuk menimba ilmu di kota lain. Hal ini tak terlepas dari asal mula istilah kost, yaitu indekost yang merupakan tempat tinggal bagi seseorang untuk mempelajari sebuah budaya baru.

Mahasiswa memang merupakan golongan yang paling banyak menyewa kost, namun tahukah Anda bahwa pangsa pasar bisnis kost bukan hanya mahasiswa? Berikut ini beberapa pangsa pasar bisnis kost yang berhasil kami himpun:

Pelajar

Hampir sama dengan mahasiswa, beberapa pelajar juga tinggal di kost. Salah satu faktor yang menyebabkan pelajar tinggal di kost adalah karena kualitas sekolah yang ada di kampung halamannya kurang memadai, sehingga orang tua mereka memutuskan untuk mengirim mereka ke kota yang menyediakan sarana pendidikan yang lebih baik.

Keluarga mahasiswa dan pelajar

Pada saat-saat tertentu, seperti penerimaan mahasiswa baru, wisuda atau penerimaan raport, keluarga anak kost, terutama orang tuanya akan datang untuk menemani buah hati mereka. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menyediakan kasur ekstra dan jasa antar jemput.

Karyawan

Setelah lulus dari kuliah, beberapa anak kost memilih untuk tidak kembali ke kampung halaman mereka dan memutuskan untuk mencari kerja di kota tempat ia kuliah. Hal ini disebabkan karena prospek kerja di kota tersebut lebih baik dibanding di kampung halamannya. Dampak dari keputusan tersebut adalah ia akan tetap tinggal di kost. Hal ini dapat berlangsung selama beberapa tahun hingga ia memiliki kemampuan finansial untuk membeli hunian permanen seperti apartemen atau rumah.

Wilayah sekitar pusat perbelanjaan dan perkantoran merupakan wilayah yang tepat untuk menjalankan bisnis kost. Hal ini disebabkan karena cukup banyak karyawan dan karyawati, terutama yang masih lajang memilih untuk tinggal di rumah kost. Selain biaya yang lebih murah dibanding tinggal di rumah atau apartemen, kemudahan transportasi juga menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk tinggal di rumah kost.

Sales dan pengusaha

Sales dan pengusaha yang melakukan perjalanan bisnis juga menjadi pangsa pasar yang empuk bagi para pengusaha kost. Para sales dan pengusaha tersebut biasanya datang ke suatu kota untuk menawarkan barang dagangan mereka. Kunjungan mereka tidak terlalu lama, setelah mendapatkan pesanan yang cukup, mereka akan kembali ke tempat asalnya untuk mulai mengirim barang pesanan. Bagi mereka, fasilitas kost tidak terlalu penting, yang terpenting adalah lokasi kost yang dekat dengan pusat perdagangan dan harga yang murah. Kost yang menawarkan skema tarif harian dan mingguan adalah favorit mereka.

Turis

Kawasan sekitar tempat wisata juga menjadi tempat yang baik untuk menjalankan bisnis kost. Tentu saja skema tarifnya harus berupa harian dan mingguan. Kost harian dan mingguan menjadi pilihan utama bagi para turis low budget. Dalam memilih tempat menginap, yang terpenting bagi mereka adalah fasilitas setara hotel, namun harga di bawah hotel. Oleh karena itu, berikan pelayanan yang prima kepada mereka melalui keramahan dan fasilitas yang lengkap.

Lain-Lain

Selain 5 pangsa pasar yang telah kami sebutkan di atas, masih ada beberapa pangsa pasar lainnya, yaitu:

  • Pasien dan keluarga pasien yang berasal dari luar kota dan harus menjalani perawatan untuk jangka waktu yang cukup lama. Misalnya pasien yang harus menjalani rehabilitasi medis atau pasien yang menjalani operasi besar. Pada umumnya lokasi kost yang ideal bila Anda menyasar pangsa pasar ini adalah dekat rumah sakit, namun tidak menutup kemungkinan bila Anda menjalankan bisnis kost di sekitar klinik atau pengobatan alternatif yang ramai.
  • Keluarga pengantin dan para undangan. Apabila salah satu pihak mempelai berasal dari luar kota, ia dan keluarganya memerlukan hunian sementara mulai dari persiapan acara hingga selesainya acara pernikahan. Demikian pula dengan para undangan yang berasal dari luar kota, beberapa pengantin berbaik hati dengan menyediakan tempat untuk beristirahat bagi para tamunya.
  • Pengunjung pameran. Beberapa jenis pameran seperti pameran otomotif, pameran alat berat, pameran alat produksi dan pameran alat kesehatan biasanya hanya diselenggerakan di kota besar dan hanya berlangsung beberapa tahun sekali. Pameran seperti ini tidak akan dilewatkan oleh peserta pameran dan pengunjung pameran yang berasal dari luar kota.
  • Peserta seminar. Seperti halnya pameran, seminar seperti seminar finansial dan bisnis juga menjadi magnet bagi para peserta seminar yang berasal dari luar kota. Seringkali seminar berlangsung beberapa hari dan setelah seminar berakhir para peserta seminar masih menginap untuk refreshing dan membeli oleh-oleh.
  • Pekerja konstruksi. Coba lirik lingkungan sekitar Anda, apakah ada gedung pencakar langit atau pabrik yang sedang dibangun? Biasanya di lokasi konstruksi tersebut ada pekerja yang berasal dari luar negeri atau luar kota. Mereka memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh pekerja lokal, dan tentu saja mereka membutuhkan tempat tinggal.

Itulah beberapa pangsa pasar bisnis kost selain mahasiswa yang berhasil kami himpun. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda dalam menjalankan bisnis kost.

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN