Tips Promosi Kos Kosan Agar Cepat Penuh

Dalam menjalankan bisnis kost, kehadiran penyewa atau anak kost merupakan sebuah syarat mutlak. Rumah kost tanpa penyewa sama saja dengan sebuah bisnis yang tidak menghasilkan keuntungan. Apalagi setiap bulan ada kewajiban untuk membayar tagihan utilitas seperti listrik, air, kebersihan dan keamanan. Kost yang sepi hanya akan memberikan kerugian bagi pemiliknya. Oleh karena itu, pengusaha kost harus rajin dalam melakukan promosi kos kosan agar kost yang ia kelola cepat penuh.

Melakukan promosi kos kosan tidak cukup hanya dengan memasang spanduk bertuliskan “Terima Kost” di pagar rumah kost Anda. Pelaku bisnis kost juga harus aktif dan kreatif dalam memasarkan kostnya, terlebih persaingan antar rumah kost yang semakin ketat. Para pengusaha kost berlomba-lomba untuk menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dengan harga yang lebih terjangkau.

Berikut ini kami rangkum beberapa tips dalam menjalankan promosi kost yang Anda miliki:

1. Tinggalkan koran dan radio

Saran kami yang pertama adalah jangan memasang iklan di koran dan radio. Kedua jenis media promosi tersebut selain mahal juga kurang mampu menjangkau anak kost. Kaum muda zaman sekarang sudah jarang membaca koran dan mendengarkan radio. Mereka lebih akrab dengan gadget-gadget canggih yang terhubung dengan internet. Sehingga mempromosikan kost melalui koran dan radio hanya akan membuang uang Anda.

2. Masuk ke kampus

Mayoritas pangsa pasar rumah kost adalah mahasiswa yang menghabiskan sebagian besar waktunya di kampus, sehingga yang harus Anda lakukan dalam mempromosikan kost Anda adalah masuk ke kampus. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kost di kampus, antara lain:

  • Bagikan brosur kost di gerbang kampus
  • Selipkan brosur kost di motor dan mobil yang parkir
  • Tempelkan poster kost di papan pengumuman

Sebelum melakukan cara promosi di atas, ada baiknya Anda meminta izin ke pihak kampus. Selain itu Anda juga dapat mempromosikan kost Anda dengan mensponsori koran kampus serta kegiatan kampus seperti seminar dan kompetisi mahasiswa.

3. Promosi di sekitar kampus

Mungkin Anda mengalami kendala dalam melakukan promosi di dalam kampus. Hal ini bisa disebabkan karena pihak kampus tidak memberikan izin atau biaya sponsorship yang terlalu mahal. Maka Anda dapat mensiasatinya dengan melakukan kegiatan promosi kost di sekitar kampus, yaitu:

  • Pasang spanduk kost di sekitar kampus, terutama di depan gerbang kampus.
  • MenitipkanĀ brosur kost di minimarket sekitar kampus.
  • Menitipkan brosur kost di warnet atau tempat fotokopi. Anda juga dapat meminta pengelola warnet untuk menjadikan materi promosi Anda sebagai wallpaper di setiap komputer.
  • Menitipkan materi promosi di warung dan rumah makan. Ini bisa dilakukan dengan menempel brosur kost di dinding warung atau rumah makan, atau bisa juga dengan menempel brosur kost di tempat tissue.
  • Menitipkan brosur kost di tempat cuci mobil dan cuci motor
  • Menempelkan brosur kost di tempat futsal, fitnes dan sarana olahraga lainnya.

4. Berikan hadiah kepada anak kost

Berikan hadiah berupa stiker, gantungan kunci atau buku catatan yang berisi materi promosi kost Anda kepada anak kost. Secara tidak sadar mereka akan mempromosikan kost Anda dengan menempelkan stiker ke kendaraan mereka atau menunjukkan gantungan kunci dan buku catatan kepada teman-teman mereka di kampus.

5. Berikan komisi kepada anak kost

Anda juga dapat meminta bantuan anak kost yang telah menyewa kost Anda untuk mencarikan calon penyewa. Sebagai imbalan untuk setiap penyewa yang dibawa, ia berhak untuk mendapatkan komisi. Komisi bisa dalam bentuk uang tunai atau diskon uang sewa kost yang bisa diberikan sekaligus di depan atau beberapa kali selama penyewa yang ia bawa masih menyewa kost Anda.

6. Promosi Kos Kosan di internet

Mahasiswa merupakan generasi yang paling akrab dengan internet. Mereka selalu terhubung dengan internet, mulai dari mengerjakan tugas kuliah, bermain hingga bersosialisasi. Kost yang Anda tawarkan juga harus hadir di internet, sehingga lebih mudah ditemukan oleh mereka. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram dalam menawarkan kost Anda.

Selain melalui media sosial, Anda juga dapat mempromosikan kost Anda melalui website SewaKost.com. Setiap hari SewaKost.com dikunjungi oleh ribuan pencari kost. Kost-kost yang terdaftar di SewaKost.com juga sangat mudah ditemukan melalui Google. Selain itu tim SewaKost.com juga akan menyebarluaskan promosi kost Anda melalui saluran media sosial milik SewaKost.com di Facebook, Twitter dan Instagram.

Demikianlah beberapa cara dalam mempromosikan kost. Semoga kost Anda cepat penuh dan selalu penuh. Apabila Anda memiliki cara promosi yang lain, silahkan bagikan dengan pengusaha kost lainnya melalui kolom komentar di bawah.

13 Comments

  1. selin 15/10/2016
  2. dyas 07/12/2016
  3. depot 09/02/2017
  4. Sintong 14/02/2017
  5. ANA 01/03/2017
  6. Hermina 09/03/2017
  7. santi ratna 22/03/2017
  8. Selin 28/03/2017
  9. gugun 03/04/2017
  10. Elvita 02/05/2017
  11. Ardelia 16/05/2017
  12. rizkie purnama renaldi 21/06/2017

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN