Cara Pasang Iklan Kost Gratis di Internet

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan dalam mempromosikan kost. Salah satunya adalah dengan memasang iklan di internet. Cara ini tergolong praktis karena bisa dilakukan di rumah melalui laptop atau smartphone Anda. Biayanya pun cukup murah, bahkan beberapa website menawarkan pasang iklan kost gratis.

Pasang Iklan Kost Gratis di SewaKost

Salah satu website yang banyak dimanfaatkan oleh para pemilik kost untuk mengiklankan kost mereka adalah SewaKost. Mayoritas pengunjung website ini adalah para mahasiswa dan karyawan yang sedang mencari kost atau ingin menyewa apartemen. Tentu akan sangat menguntungkan apabila kost Anda terdaftar di SewaKost karena akan memudahkan mereka dalam menemukan kost Anda.

Di SewaKost Anda bisa memasang iklan secara gratis dengan informasi yang sangat detail dan lengkap. Formulir pasang iklan di SewaKost telah disesuaikan dengan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh para pencari kost seperti fasilitas kamar, fasilitas bersama, lokasi kost dan harga sewa kost. Hal ini berbeda dengan situs iklan lain yang meminta data tidak penting misalnya luas tanah, luas bangunan dan jenis sertifikat. Jumlah foto yang bisa ditampilkan di iklan juga sangat banyak, yaitu hingga 20 foto.

Satu hal yang kurang diperhatikan oleh para pemilik kost dalam mempromosikan kost mereka di internet adalah beberapa website kost menerapkan sistem komisi. SewaKost tidak menerapkan sistem komisi dan Anda bisa berkomunikasi langsung dengan calon penyewa yang berminat untuk menyewa kost Anda. Sehingga Anda bisa langsung bernegosiasi dengan calon penyewa mengenai harga sewa dan cara pembayarannya.

Cara Pasang Iklan di SewaKost

Mengiklankan kost di SewaKost sangat mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun dengan cara mengisi formulir di halaman Buat Akun.

Di halaman tersebut Anda akan diminta untuk mengisi email, password, nama dan nomor HP / Whatsapp.

Setelah membuat akun, selanjutnya Anda dapat mengiklankan kost Anda melalui halaman Pasang Iklan.

Silahkan pilih jenis properti dan lokasi hunian yang ingin Anda iklankan.

Setelah memilih jenis properti dan lokasi hunian, Anda akan diminta untuk melengkapi data hunian. Setiap jenis hunian memiliki formulir yang berbeda, disesuaikan dengan karakteristik hunian tersebut.

Pada bagian akhir formulir Anda dapat menambahkan foto. Satu iklan bisa memuat maksimal 20 foto.

Setelah data sudah lengkap, silahkan klik tombol pasang iklan. Selanjutnya iklan Anda akan melalui proses moderasi. Umumnya dalam waktu kurang dari 24 jam iklan sudah tayang di website SewaKost.

Tips Mengiklankan Kost Agar Cepat Penuh

Agar kost yang Anda tawarkan lebih cepat penuh, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar iklan lebih menarik dan dilihat oleh lebih banyak calon penyewa.

1. Satu iklan untuk satu alamat kost

Beberapa pemilik kost memiliki lebih dari satu kost. Pada umumnya lokasi kost berada di area yang sama, namun ada juga pengusaha kost yang memiliki beberapa kost yang tersebar di area yang berbeda-beda. Karena alasan efisiensi, banyak pemilik kost yang memasang satu iklan kost yang berisi beberapa alamat kost.

Mengiklankan kost dengan cara seperti ini sebaiknya dihindari karena kolom untuk mengisi alamat kost hanya satu, sehingga kost yang alamatnya tidak dicantumkan di kolom alamat tidak akan muncul pada saat pencari kost melakukan pencarian iklan. Selain itu harga dan fasilitas yang ditawarkan pada tiap kost belum tentu sama. Hal ini akan membingungkan pencari kost dan dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pengelola kost dengan pencari kost. Untuk mencegah kesalahpahaman ini, sebaiknya Anda membuat satu iklan untuk masing-masing kost yang Anda miliki.

2. Judul iklan menarik perhatian

Judul iklan merupakan unsur iklan yang paling pertama dibaca, sehingga buatlah judul iklan yang mampu menarik perhatian para pencari kost, agar mereka tertarik untuk membaca lebih lanjut deskripsi atau materi iklan Anda. Berikut ini beberapa tips dalam membuat judul iklan kost:

  • Hindari membuat judul iklan yang panjang dan bertele-tele
  • Hindari penggunaan simbol dan emoticon yang berlebihan
  • Jangan membuat judul iklan yang terlalu singkat seperti “Sewa Kost”, “Kost Murah”, “Kost Harian”, “Kost Mahasiswa” atau “Kost Putra”
  • Judul iklan setidaknya mengandung informasi mengenai jenis kost, lokasi dan fasilitas

Informasi lebih lengkap mengenai judul iklan dan contoh-contoh judul iklan bisa Anda pelajari di artikel Membuat Judul Iklan Kost yang Menarik.

3. Deskripsi iklan yang lengkap dan jelas

Setelah pencari kost tertarik dengan judul iklan Anda, maka ia akan mencari informasi tambahan dengan membaca bagian deskripsi iklan. Pada umumnya informasi yang ingin mereka ketahui adalah di mana lokasi kost, apa saja fasilitas yang ditawarkan, berapa harga sewanya dan bagaimana cara menghubungi pengelola kost apabila ia berminat untuk tinggal di kost tersebut. Deskripsi iklan kost sebaiknya berisi informasi yang jelas dan lengkap mengenai lokasi, fasilitas, harga sewa dan kontak pengelola kost.

Panduan dalam membuat deskripsi iklan kost bisa dibaca di halaman Membuat Deskripsi Iklan Kost yang Jelas dan Lengkap.

4. Tambahkan foto yang menggambarkan suasana kost

Penawaran kost yang Anda buat akan semakin menarik bila ditambahkan dengan beberapa foto. Banyak hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, oleh karena itu diperlukan beberapa foto yang bisa menggambarkan keramahan dan kenyamanan yang akan dirasakan oleh calon penghuni kost ketika ia memutuskan untuk menyewa kamar kost Anda.

Beberapa area yang sebaiknya difoto untuk ditampilkan di iklan kost adalah tampak depan rumah kost, kamar yang disewakan dan kamar mandi. Area lain seperti ruang tamu, dapur, taman dan garasi juga bisa ditambahkan. Foto yang diambil sebaiknya jelas dan jernih, tidak buram, tidak miring serta tidak ada watermark yang mengganggu.

Untuk info lebih lengkap mengenai foto untuk iklan kost, silahkan baca artikel Tips Mempersiapkan Foto untuk Iklan Kost.

5. Bagikan iklan Anda ke media sosial

Setelah iklan Anda ditampilkan di website, segera bagikan link iklan kost tersebut ke media sosial seperti Facebook. Membagikan link iklan ke media sosial selain bertujuan agar teman-teman atau follower Anda mengetahui bahwa Anda sedang menawarkan kost, juga bertujuan agar iklan tersebut lebih cepat tampil di halaman pencarian Google.

Itulah sejumlah tips pasang iklan kost di internet. Semoga kost Anda segera terisi penuh. Apabila Anda memiliki tips lain mengenai pasang iklan kost di internet, silahkan bagikan pada kolom komentar di bawah.

84 thoughts on “Cara Pasang Iklan Kost Gratis di Internet”

  1. KOS STRATEGIS DAERAH PASAR MANGGIS JAKARTA SELATAN
     dekat dengan daerah Kuningan, Menteng, Setiabudi
     Fasilitas:
     -Kamar mandi dalam
     -Wifi
     -Kasur, meja, lemari
     -Sudah termasuk listrik dan air
     NOTES: SETIAP KAMAR LUASNYA, FASILITASNYA (KAMAR MANDI DALAM/TIDAK)BERBEDA, KARENA ITU HARGA DAPAT BERBEDA
     Disarankan survey dahulu.
     untuk infformasi lebih lanjut dapat menghubungi WA: +62 812-8531-2806
     Terimakasih

    Reply
  2. Kos Putri di tangerang
    Dekat Rumah Sakit,Pasar,Mall
    Harga 700 rb/bln
    Hubungi :
    085694508052
    085692596398

    Reply

Leave a Comment