Tips Mempersiapkan Foto untuk Iklan Kost

Sebuah gambar bernilai ribuan kata, peribahasa ini tak pernah salah. Sebagus apapun kata-kata yang Anda gunakan pada iklan Anda, namun bila iklan Anda tidak dilengkapi dengan foto yang menarik, maka pencari kost tidak akan melirik iklan kost yang Anda buat. Agar promosi kost yang Anda lakukan memberikan hasil yang lebih maksimal, tambahkan beberapa foto yang mampu menggambarkan keramahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh kost Anda. Berikut ini beberapa tips dalam mempersiapkan foto agar iklan kost Anda lebih banyak dilirik oleh peminat kost.

1. Tidak perlu fotografer profesional dan kamera mahal

Bila Anda memiliki dana lebih, Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional. Fotografer profesional memiliki pengalaman dan peralatan yang memadai untuk mendapatkan foto kost yang bagus. Namun bila dana Anda terbatas, Anda dapat melakukannya sendiri. Kamera yang digunakan pun tidak harus kamera mahal, cukup gunakan kamera digital atau smartphone berkamera yang memiliki resolusi tinggi.

2. Bagian rumah kost yang difoto

Tujuan menampilkan foto pada iklan kost adalah agar peminat kost memiliki gambaran seperti apa suasana kost yang Anda tawarkan, rumah kostnya seperti apa, apakah kamar kost nyaman dan apakah kamar mandi yang disediakan bersih. Oleh karena itu bagian rumah kost yang wajib difoto adalah:

  • Tampak depan rumah kost
  • Kamar kost, termasuk fasilitas-fasilitas di dalam kamar seperti spring bed, furnitur, AC dan televisi.
  • Kamar mandi, termasuk pancuran, kloset, wastafel dan pemanas air.

Bagian-bagian rumah kost yang lainnya tidak wajib untuk difoto, namun menambahkan foto teras, ruang tamu, ruang makan, dapur dan tempat parkir kendaraan mampu memberikan gambaran yang lebih baik kepada peminat kost mengenai kost yang Anda tawarkan. Bahkan beberapa pengusaha kost juga menampilkan foto keramahan karyawan yang melayani di kost tersebut dan testimoni dari orang-orang yang menyewa kost tersebut. Bila Anda ingin lebih meyakinkan calon penghuni kost, Anda juga dapat menyertakan foto fasilitas umum yang terdapat di sekitar kost Anda. Misalnya kost Anda berada di depan kampus, maka Anda dapat menampilkan foto kampus tersebut yang diambil dari teras rumah kost.

3. Bersihkan dan rapihkan ruangan

Sebelum Anda mulai mengambil foto kost Anda, pastikan seluruh ruangan yang akan difoto dalam keadaan bersih dan rapih.

  • Singkirkan perabot dan benda-benda yang mengganggu pemandangan seperti baju kotor, piring kotor dan tumpukan botol sabun dan shampo di kamar mandi
  • Lantai dalam keadaan bersih dan mengkilap
  • Tempat tidur bersih dan rapih dengan sprei yang sudah disetrika
  • Tembok bersih, bila ada noda, bersihkan atau cat

Sebelum mulai mengambil gambar, tanyakan pada diri Anda, apakah saya mau mengeluarkan uang untuk tinggal di tempat ini? Bila masih ada yang kurang segera bersihkan, rapihkan atau perbaiki.

4. Pencahayaan

Dalam mengambil foto kost, cahaya alami adalah cahaya yang terbaik. Untuk mengambil foto dalam ruangan, waktu yang terbaik adalah pada siang hari, buka semua gorden dan nyalakan semua lampu. Sedangkan untuk mengambil foto luar ruang seperti tampak depan rumah kost, balkon, taman dan lahan parkir, waktu yang terbaik adalah saat matahari menghadap ke rumah. Misalnya untuk rumah yang menghadap ke timur, waktu yang terbaik adalah pada pagi menjelang siang, yaitu jam 9 – 11, sedangkan untuk rumah yang menghadap ke barat, waktu yang terbaik untuk mengambil foto adalah pada siang menjelang sore, yaitu jam 1 – 3.

Pastikan bagian ruangan yang ingin difoto mendapatkan cahaya yang maksimal dan tidak ada benda yang menghalangi sumber cahaya. Penggunaan flash tidak disarankan karena foto yang dihasilkan kurang bagus.

5. Perlengkapan dan efek khusus

Pada umumnya orang akan mengambil foto dengan posisi berdiri, sehingga foto yang ditangkap oleh kamera adalah setinggi mata manusia. Ternyata foto yang dihasilkan dengan menggunakan cara ini kurang maksimal. Salah satu rahasia para fotografer profesional dalam menghasilkan foto desain interior yang ditampilkan di majalah adalah dengan mengambil foto pada ketinggian 1 meter dari lantai. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan mengambil foto sambil berlutut, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan tripod agar posisi kamera lebih stabil. Apabila tidak memiliki tripod, Anda dapat memanfaatkan kursi atau meja yang tingginya 1 meter.

Selain menggunakan tripod, perlengkapan lain yang digunakan oleh fotografer profesional adalah lensa wide angle. Lensa jenis ini mampu menangkap foto yang lebih luas dibanding lensa biasa. Apabila tidak memiliki lensa wide angle, Anda dapat memanfaatkan mode panorama pada kamera digital atau smartphone Anda. Lensa wide angle atau mode panorama sebaiknya digunakan sewajarnya, karena pengunaan efek yang berlebihan akan merusak persepsi pada foto. Demikian pula dengan penggunaan efek fish eye yang dapat menimbulkan kesan ruangan lebih luas. Penggunaan efek fish eye sebaiknya dihindari karena akan mengganggu persepsi pada foto.

Demikianlah beberapa tips dalam mempersiapkan foto untuk iklan kost.

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN