Inilah Deretan Artis Indonesia yang Jadi Juragan Kost

Menjalani profesi sebagai artis mampu mendatangkan penghasilan yang fantastis. Terlebih lagi bila sang artis sukses membintangi banyak film, sinetron dan iklan, penghasilannya bisa mencapai puluhan juta bahkan miliaran rupiah.

Sejumlah selebtriti menyadari bahwa tidak selamanya mereka dapat mengandalkan penghasilan dari dunia entertainment. Selain proses syuting yang melelahkan, mereka juga paham bahwa kemilaunya di dunia keartisan akan meredup seiring dengan pertambahan usia.

Bisnis Kost Jadi Andalan Ketika Pensiun

Memahami bahwa kepopulerannya di dunia hiburan tidak akan berlangsung untuk selamanya, sejumlah artis memutuskan untuk menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk diinvestasikan ke bisnis kost. Investasi di rumah kost tersebut diharapkan mampu menjadi sumber penghasilan ketika mereka pensiun nanti. Berikut ini beberapa artis yang berinvestasi di bisnis kos kosan:

Naysilla Mirdad

Putri dari Djamal Mirdad dan Lidya Kandouw ini memang sudah dikenal sebagai ratu sinetron stripping. Sudah tidak terhitung berapa banyak sinetron yang ia bintangi. Makanya jangan heran apabila Naysilla Mirdad memiliki penghasilan yang cukup besar dari profesinya ini.

Uang yang Naysilla dapatkan dari dunia entertainment kemudian diinvestasikan ke bisnis kost yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Artis cantik ini semula hanya memiliki 23 kamar kost yang kemudian ia kembangkan menjadi 50 kamar kost. Siapa sangka penghasilan yang ia peroleh dari bisnis kost bisa mencapai 75 juta rupiah setiap bulannya.

Chynthiara Alona

Bagi Anda yang senang menyaksikan film horor tentu tak asing dengan nama Chynthiara Alona. Selain jago akting, Chynthiara Alona juga jago bisnis dan investasi.

Chynthiara memiliki bisnis kost eksklusif yang mengusung konsep hotel. Kost yang terdiri dari 97 kamar tersebut menawarkan fasilitas yang tergolong mewah, seperti kolam renang, tempat biliar dan karaoke.

Dari bisnis kost, Chynthiara Alona berhasil memperoleh penghasilan rutin minimal 700 juta per bulan. Penghasilannya tersebut tidak digunakan untuk foya-foya, tetapi ia gulungkan lagi untuk mengembangkan perusahaan developer properti dan telah berhasil membangun perumahan berkonsep cluster.

Cita Citata

Siapa yang tidak pernah mendengar lagu Sakitnya tuh di Sini? Ya, lagu tersebut telah berhasil melejitkan nama Cita Citata menjadi seorang artis top.

Pedangdut jelita ini memutuskan untuk memulai bisnis kostnya di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Cita Citata memulai bisnis kost dengan membangun 11 kamar kost, ia pun berencana untuk terus melakukan ekspansi hingga mencapai target 50 kamar kost.

Cita Citata tidak bekerja sendiri dalam menjalankan usaha kostnya ini. Ia dibantu oleh sang kakak yang menetap di Tasikmalaya. Adapun penghasilan yang ia peroleh dari rumah kostnya bisa mencapai 100 juta per bulan.

Citra Kirana

Citra Kirana merupakan artis yang populer karena perannya sebagai Rumana dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Artis yang kerap disapa Ciki ini memiliki penghasilan yang cukup melimpah dari dunia entertainment.

Setelah sukses di dunia entertainment, Citra Kirana memutuskan untuk mencoba peruntungannya di dunia properti. Menurut Ciki bisnis kost sangat menjanjikan, maka ia memutuskan untuk membangun puluhan kamar kost di Bandung, Jawa Barat. Tersiar kabar bahwa dari bisnis kost tersebut ia bisa meraup omzet hingga ratusan juta per bulan.

Zaskia Gotik

Siapa yang tidak kenal dengan Zaskia Gotik? Pedangdut yang terkenal dengan goyang itiknya ini memang tidak pernah sepi job untuk menyanyi. Maka jangan heran apabila Zaskia Gotik memiliki penghasilan yang melimpah.

Selain jago nyanyi, Zaskia Gotik juga jago investasi. Penghasilan yang ia peroleh dari dunia entertainment ia sisihkan untuk membangun rumah kost. Sejak 2015 Zaskia memutuskan untuk memulai usaha kost di kawasan CIkarang, Kabupaten Bekasi.

Di kota industri tersebut Zaskia membangun 10 bangunan, dimana masing-masing bangunan terdiri dari 20 kamar kost. Kos kosan yang dibangun di atas lahan seluas 10 hektar tersebut mampu mendatangkan penghasilan 140 juta setiap bulannya.

Tidak Hanya Mengandalkan Popularitas

Rumah kost para artis selalu laris manis dan diminati oleh para penyewa. Pasti banyak yang nyinyir: “iya lah, namanya juga artis. Yang ngekost di sana pasti fans beratnya.”

Sebenarnya kesuksesan bisnis kost para artis tidak hanya mengandalkan popularitas. Apabila diperhatikan lebih seksama, ternyata ada beberapa hal yang membuat bisnis kost para artis berkembang dengan sangat pesat:

1. Lokasi kost harus strategis

Seperti yang telah kami bahas di artikel 9 Tips Membeli Rumah Kost yang Menguntungkan, syarat utama agar sebuah rumah kost diminati oleh banyak penyewa adalah lokasinya harus strategis. Entah itu kost artis atau kost orang biasa, lokasinya harus strategis.

Salah satu artis yang menerapkan hal ini dengan sangat baik adalah Zaskia Gotik. Artis dangdut ini membangun ratusan kamar kost di lokasi yang strategis, yaitu kawasan Cikarang, Bekasi. Sebagai sebuah kawasan industri, sudah pasti banyak pendatang yang membutuhkan tempat kost.

2. Ditunjang dengan fasilitas yang memadai

Selain mengandalkan lokasi yang strategis, bisnis kost para artis juga sangat memperhatikan fasilitas. Ambil contoh Chynthiara Alona yang menawarkan fasilitas yang tergolong mewah seperti kolam renang, tempat biliar dan karaoke. Memang tidak semua kost artis menawarkan fasilitas yang wah, tapi paling tidak fasilitasnya harus memadai sehingga penyewa menjadi betah untuk tinggal di kost tersebut.

Hal lain yang patut diacungi jempol adalah para artis sangat memperhatikan keamanan di rumah kost, bahkan tergolong selektif dalam memilih penyewa. Sehingga dipastikan bahwa yang menyewa di kost artis adalah orang baik-baik. Mungkin mereka tidak ingin nama baiknya tercoreng karena ada penyewa kost yang berbuat kejahatan.

3. Harga sewa kost yang realistis

Kost para artis walaupun terkesan exclusive, namun harganya masih ramah di kantong. Tentu saja harga sewa juga dipengaruhi oleh lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Untuk kost di area Jakarta, umumnya harga sewa kost minimal 1 juta Rupiah, sedangkan untuk kost yang ada di luar Jakarta, harganya sekitar 500 – 750 ribu Rupiah.

Artikel terkait: Cara Menentukan Harga Sewa Kost

4. Kost dikelola oleh orang kepercayaan

Satu hal yang umum dari bisnis kost artis adalah pengelolaan kost tersebut tidak dilakukan sendiri, melainkan diserahkan kepada orang kepercayaan mereka. Dengan mendelegasikan pengelolaan kost kepada orang lain, mereka bisa fokus untuk terus berkarya di dunia entertainment dan investasi kost mereka bisa tetap menghasilkan. Salah satu contohnya adalah penyanyi Cita Citata yang mempercayakan pengelolaan kostnya kepada sang kakak yang tinggal di Tasikmalaya.

5. Keuntungan kost diinvestasikan lagi

Hal lain yang patut kita tiru dari bisnis kost para artis adalah ketekunan mereka untuk terus menggulung hasil investasi. Jadi keuntungan yang mereka peroleh dari bisnis kost tidak digunakan untuk foya-foya, melainkan diinvestasikan kembali untuk membeli lebih banyak properti. Contohnya adalah Chynthiara Alona yang tekun menginvestasikan kembali keuntungan bisnis kostnya hingga berhasil mendirikan perusahaan developer properti.

Begitu banyak pelajaran berharga yang bisa kita petik dari kisah sukses para artis dalam menjalankan usaha kost. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost.

Rekomendasi Artikel Lain tentang Kisah Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *