Tips Pasang Iklan Kost di Internet

Sebelumnya kami telah membagikan beberapa tips dalam mempromosikan kost agar kost Anda lebih cepat penuh, baik secara konvensional maupun melalui internet. Pasang iklan kost di internet sebenarnya jauh lebih mudah dan biayanya lebih murah bila dibandingkan dengan mempromosikan kost secara konvensional seperti memasang spanduk kost, membagikan brosur kost maupun memasang iklan di koran, majalah dan radio.

Karena memasang iklan kost di internet lebih mudah dan lebih murah, maka semakin hari semakin banyak iklan kost yang bertebaran di internet. Ambil contoh di SewaKost.com, setiap hari belasan hingga puluhan iklan kost didaftarkan di website tersebut. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan iklan kost di internet menjadi sangat ketat. Sehingga iklan kost yang Anda buat harus mampu bersaing dengan ribuan penawaran kost lainnya untuk menarik minat para pencari kost.

Tips pasang iklan kost di internet agar kost Anda cepat penuh

Mengingat persaingan iklan kost di internet yang sangat ketat, maka diperlukan kiat-kiat khusus agar iklan Anda dilihat oleh lebih banyak para pencari kost. Berikut ini beberapa tips pasang iklan kost di internet agar iklan Anda mampu menarik perhatian lebih banyak pencari kost:

1. Jangan membuat satu iklan yang berisi beberapa alamat kost

Beberapa pengusaha kost memiliki lebih dari satu kost. Pada umumnya kost-kost tersebut berada di area yang sama, namun ada juga pengusaha kost yang memiliki beberapa kost yang tersebar di area yang berbeda-beda. Karena alasan efisiensi, banyak pemilik kost yang memasang satu iklan kost yang berisi beberapa alamat kost.

Cara pasang iklan kost seperti ini sebaiknya dihindari karena kolom untuk mengisi alamat kost hanya satu, sehingga kost yang alamatnya tidak dicantumkan di kolom alamat tidak akan muncul pada saat pencari kost melakukan pencarian di website tempat Anda memasang iklan kost. Selain itu harga dan fasilitas yang ditawarkan pada tiap kost belum tentu sama. Hal ini akan membingungkan pencari kost dan dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pengelola kost dengan pencari kost.

Oleh karena itu, jangan membuat satu iklan yang berisi beberapa alamat kost. Buatlah satu iklan untuk masing-masing kost yang Anda miliki.

2. Buatlah judul iklan yang mampu menarik perhatian pencari kost

Judul iklan kost merupakan unsur iklan yang paling pertama dibaca oleh para pencari kost, sehingga buatlah judul iklan yang mampu menarik perhatian mereka, agar para pencari kost tertarik untuk membaca lebih lanjut materi iklan Anda. Berikut ini beberapa tips dalam membuat judul iklan kost:

  • Hindari membuat judul iklan yang panjang dan bertele-tele
  • Hindari penggunaan simbol seperti bintang (*), dollar ($), at (@), dan pagar (#) yang berlebihan
  • Jangan membuat judul iklan yang terlalu singkat seperti “Sewa Kost”, “Kost Murah”, “Kost Harian”, “Kost Mahasiswa” atau “Kost Putra”
  • Judul iklan harus mengandung informasi mengenai jenis kost, lokasi dan fasilitas

3. Buatlah deskripsi iklan yang lengkap dan jelas

Setelah pencari kost tertarik dengan judul iklan Anda, maka ia akan mencari informasi tambahan dengan membaca deskripsi iklan kost. Pada umumnya informasi yang ingin mereka ketahui adalah di mana lokasi kost, apa saja fasilitas yang ditawarkan, berapa harga sewanya dan bagaimana cara menghubungi pengelola kost bila ia berminat dengan kost tersebut. Oleh karena itu buatlah deskripsi iklan yang lengkap dan jelas yang berisi informasi mengenai lokasi, fasilitas, harga sewa dan kontak pengelola kost.

4. Tambahkan foto yang menggambarkan suasana kost

Penawaran kost yang Anda buat akan semakin menarik bila ditambahkan dengan beberapa foto. Banyak hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, oleh karena itu diperlukan beberapa foto yang bisa menggambarkan keramahan dan kenyamanan yang akan dirasakan oleh calon penghuni kost ketika ia memutuskan untuk menyewa kamar kost Anda. Beberapa area yang sebaiknya difoto untuk ditampilkan di iklan kost adalah tampak depan rumah kost, kamar yang disewakan dan kamar mandi. Area lain seperti ruang tamu, dapur, taman dan garasi juga bisa ditambahkan. Foto yang diambil sebaiknya jelas dan fokus, tidak buram, tidak miring dan tidak ada watermark yang mengganggu. Untuk info lebih lengkap silahkan baca artikel Tips Mempersiapkaan Foto untuk Iklan Kost.

5. Bagikan iklan Anda ke media sosial

Setelah iklan Anda ditampilkan di website tempat Anda pasang iklan kost, segera bagikan link iklan kost tersebut ke media sosial seperti Facebook dan Twitter. Membagikan link iklan ke media sosial selain bertujuan agar teman-teman Anda mengetahui bahwa Anda sedang menawarkan kost, juga bertujuan agar iklan tersebut lebih cepat tampil di halaman pencarian Google.

Itulah sejumlah tips pasang iklan kost di internet. Semoga kost Anda cepat penuh dan selalu penuh. Apabila Anda memiliki tips lain mengenai pasang iklan kost di internet, silahkan bagikan pada kolom komentar di bawah.

8 Comments

  1. Catur Widodo 16/11/2016
  2. Irene 05/02/2017
  3. iwanalim 23/01/2018
  4. Ibu Rina 04/02/2018
  5. Risaldi Muhamad 22/02/2018
  6. Yuni kamto 01/04/2018
  7. Maria 24/04/2018
  8. Rama sondang p 27/04/2018

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda diSewaKost.com