Begini Cara Sukses Bisnis Sewa Kost

SewaKost.com – Begini Cara Sukses Bisnis Sewa Kost. Semakin menjanjikannya peluang kerja di kota besar, belum sepenuhnya diimbangi dengan hadirnya perumahan murah. Inilah peluang besar bagi bisnis sewa kost bisa terus eksis di tengah situasi yang semakin modern saat ini.

Begini Cara Sukses Bisnis Sewa Kost

Beberapa aspek perlu disiapkan supaya sukses berbisnis sewa kost. Apa saja itu? Yuk mari kita bahas :
1. Soal Lokasi. Ini adalah aspek terpenting dalam memulai bisnis sewa kost. Harus jelas siapa target pasar anda. Jika mahasiswa, idealnya lokasi kost anda adalah didekat kampus. Sebaliknya, jika untuk karyawan maka biar lebih ramai pilihlah lokasi yang berada di sekitar area perkantoran.

2. Soal Harga. Dalam menentukan harga nominal sewa kost, kadang sulit juga. Ini karena, beda lokasi akan berbeda pula kisaran harganya. Relatifnya harga ini sangat tergantung dari hal berikut : tawaran fasilitas yang akan anda berikan, jarak kost ke kampus ataupun kantor serta tingkat keamanan. Makin lengkap layanan fasilitas, biasanya dari penyewa akan menilai wajar jika harganya mahal.

3. Tersedianya Layanan Tambahan. Adanya layanan tambahan bisa menjadi nilai plus bagi usaha sewa kost anda. Misalnya saja akses wifi gratis nonstop 24 jam, bisa pesan kopi sewaktu-waktu, dsb. Tentu hal ini akan menarik perhatian para mahasiswa untuk mau menyewa Jika penghuni kost adalah karyawan, bisa menambahkan layanan antar-jemput laundry.

4. Kemudahan Akses Transportasi. Mudahnya akses transportasi massa ke area kost, adalah pertimbangan penting bagi penghuni dalam memilih kost. Karena hal ini akan lebih memudahkannya pergi kemanapun tanpa perlu khawatir sulit mendapatkan kendaraan umum untuk pulang.

5. Lengkapnya Fasilitas. Adanya fasilitas yang lengkap, akan menjadi pertimbangan khusus bagi target pasar anda. Jika target anda adalah mahasiswa, memasang fasilitas standar tidak mengapa jika memang untuk menekan harga sewa kost. Akan tetapi jika targetnya adalah karyawan, anda bisa menambahkan fasilitas AC dan juga Kamar Mandi supaya mereka lebih betah menyewa.

Jika aspek di tahap awal tersebut telah anda kuasai dan lancar berjalannya, saatnya anda ekspansi untuk mengembangkan bisnis sewa kost ini. Di tahap ini anda bisa melakukan beberapa hal seperti ini :

1. Mengadakan Seleksi Penghuni.  Ini dilakukan untuk mereka calon penghuni, dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti asal kota, keluarga, tempat bekerja/ sekolah, dsb. Lakukan seleksi ini secara halus dan tak seperti menginterogasi calon penghuni kost.

2. Menyusun Tata Tertib bagi Setiap Pengunjung. Keberadaan kost sering menjadi tempat kumpul dan nongkrong mahasiswa. Pun seringkali diidentikkan dengan tipe kehidupan bebas yang tanpa adanya pengawasan dari pihak orang tua. Nah, di sinilah diperlukan adanya tanggung jawab dari anda dalam mengelola ketertiban setiap pengunjung yang hendak bertamu ke kost-kostan. Ingat, baik – buruknya ketertiban yang anda terapkan akan menentukan juga ketertiban di sekitar kost.

Demikian yang singkat ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi anda memulai bisnis sewa kost.

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN