Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.com

Kiat Sukses Bisnis Kos Kosan

Semakin menjanjikannya peluang kerja dan fasilitas pendidikan di kota besar, belum sepenuhnya dibarengi dengan kehadiran perumahan yang terjangkau, bahkan generasi milenial terancam tidak mampu memiliki rumah. Hal ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memutuskan untuk terjun di bisnis kos kosan. Ada beberapa kiat sukses bisnis kos kosan yang perlu Anda perhatikan agar usaha kost yang Anda tekuni bisa sukses dan memberikan hasil yang memuaskan.

Tips Sukses Memulai Bisnis Kos Kosan

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis kos kosan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar rumah kost yang Anda tawarkan diminati oleh banyak penyewa.

1 Mempersiapkan modal awal

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum memulai bisnis kos kosan adalah modal awal. Modal awal untuk mendirikan rumah kost bisa berasal dari dana pribadi maupun dana orang lain, seperti dari keluarga, teman maupun bank. Apabila Anda ingin membangun kos kosan dengan memanfaatkan dana dari keluarga dan teman, ada dua skema yang bisa digunakan, yaitu dengan cara meminjam uang atau sistem kongsi/kerja sama. Sedangkan apabila Anda ingin memanfaatkan dana dari bank, maka pilihan yang terbaik adalah dengan cara KPR.

2. Lokasi kost yang strategis

Lokasi yang strategis merupakan aspek terpenting dalam memulai bisnis kos kosan. Dalam memilih lokasi rumah kost, Anda harus memiliki perencanaan yang jelas mengenai pangsa pasar yang ingin Anda tuju. Apabila Anda menargetkan pangsa pasar mahasiswa, maka lokasi kost yang ideal adalah di dekat kampus. Namun apabila Anda ingin memulai usaha kost untuk karyawan maka pilihlah lokasi kost yang berada di sekitar perkantoran dan pusat perbelanjaan.

3. Kost mudah diakses

Kemudahan akses transportasi juga harus diperhatikan apabila Anda ingin rumah kost cepat penuh. Lokasi kost yang dekat dengan kampus bukan satu-satunya jaminan. Penyewa kost tidak akan berdiam diri saja di kost. Mereka juga membutuhkan akses ke berbagai tempat seperti rumah makan, minimarket dan sarana hiburan. Sehingga kemudahan akses transportasi baik berupa kendaraan umum maupun pribadi menjadi pertimbangan penting dalam memilih kost.

4. Desain rumah kost yang modern

Desain rumah kost juga sangat mempengaruhi keputusan penyewa kost dalam memilih rumah kost. Buatlah calon penyewa jatuh cinta pada pandangan pertama dengan rumah kost Anda. Caranya adalah dengan membuat tampak luar rumah kost yang modern dan minimalis. Setelah mereka terpesona dengan pagar dan fasad rumah kost Anda, buatlah mereka semakin jatuh cinta dengan penampilan interior rumah kost. Bangunan rumah kost juga sebaiknya terawat, sehingga jauh dari kesan kotor dan angker.

5. Fasilitas yang memadai

Ketersediaan fasilitas kost juga menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh penyewa kost. Fasilitas sebaiknya disesuaikan dengan pangsa pasar bisnis kost Anda. Apabila pangsa pasar Anda adalah mahasiswa, maka memberikan fasilitas yang standar seperti spring bed, meja, kursi, lemari dan pilihan AC/non AC sudah cukup. Namun bila kost Anda menyasar kalangan eksekutif dan ekspatriat, sebaiknya fasilitas kost lebih lengkap, seperti AC, kamar mandi dalam, water heater, wifi, TV kabel dan peralatan gym.

6. Harga sewa kost yang kompetitif

Menentukan harga sewa kost yang tepat bisa dikatakan gampang-gampang susah. Harga kost yang terlalu mahal akan membuat kost sepi, namun apabila harga kost terlalu murah, keuntungan yang diperoleh lebih sedikit, bahkan pengelola kost bisa mengalami kerugian. Secara umum ada 3 hal yang mempengaruhi harga sewa kost, yaitu lokasi, fasilitas dan daya beli atau kemampuan ekonomi penyewa kost.

Tiap lokasi memiliki rentang harga yang berbeda, kost yang dekat kampus akan lebih mahal dibanding kost yang jauh dari kampus. Selain lokasi, harga sewa kost juga dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas, kost yang menawarkan AC tentu akan lebih mahal dibanding kost yang tanpa AC. Faktor yang ketiga adalah daya beli atau kemampuan ekonomi penyewa kost di kawasan tersebut. Tentu akan percuma apabila Anda membangun kost yang mewah dengan fasilitas lengkap, namun kemampuan ekonomi penyewa kost di kawasan tersebut belum mencukupi untuk membayar uang sewa kost.

Tips Sukses Mengelola Rumah Kost

Setelah rumah kost siap, maka tahap selanjutnya adalah mengelola rumah kost, dalam mengelola rumah kost ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Promosikan kost

Untuk mendatangkan penyewa kost, Anda harus melakukan promosi kost, jangan hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut. Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kost Anda. Salah satu cara yang murah dan efektif adalah dengan memasang iklan di Internet. Dengan memasang iklan di internet, Anda dapat menjangkau calon penyewa yang lebih luas, bahkan mereka yang masih berada di luar kota. Website yang direkomendasikan untuk mempromosikan kost adalah SewaKost.com.

2. Merekrut karyawan/asisten

Hindari mengerjakan segala sesuatu sendiri, apabila kondisi keuangan bisnis kost memungkinkan, rekrutlah karyawan atau asisten untuk mengelola kost. Delegasikan hal-hal yang kecil kepada karyawan dan fokuslah pada hal-hal yang lebih penting, dengan cara seperti ini Anda akan mampu mengembangkan bisnis kost menjadi lebih baik dan lebih besar.

3. Perhatikan kebersihan dan keamanan kost

Kost yang bersih, aman dan nyaman merupakan dambaan setiap penyewa kost. Pastikan setiap kamar kost memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai. Peraturan kost dan kehadiran petugas keamanan juga penting untuk membuat rumah kost menjadi tertib dan aman. Anda juga perlu melakukan interview dan pendataan identitas sebelum memutuskan untuk menerima penyewa kost.

4. Merawat rumah kost

Kondisi bangunan rumah kost merupakan salah satu faktor penentu apakah penyewa kost akan betah untuk tinggal di rumah kost atau tidak. Bangunan rumah kost tentu rentan terhadap cuaca dan bisa mengalami kerusakan seiring dengan penggunaannya. Jangan lupa sisihkan sebagian keuntungan untuk merawat dan melakukan renovasi rumah kost secara berkala, sehingga penyewa menjadi betah untuk tinggal di rumah kost Anda.

5. Mendengarkan keluhan penyewa kost

Apabila Anda terjun ke dalam bisnis kos kosan, ada satu prinsip yang harus Anda pegang teguh, yaitu: Keramahan akan mendatangkan keramaian. Jadilah bapak atau ibu kost yang ramah dengan mendengarkan setiap keluhan yang disampaikan oleh penyewa kost. Keluhan yang disampaikan oleh penyewa kost bertujuan untuk menjadikan kost lebih baik dan membuat penyewa kost menjadi lebih betah untuk tinggal di kost Anda.

6. Bergaul dengan sesama pebisnis kost

Bisnis kost sifatnya dinamis, ada perubahan atau trend yang harus diikuti. Pada zaman dahulu rumah kost dengan dua lantai sudah cukup, namun keterbatasan lahan menuntut rumah kost dibangun lebih tinggi hingga empat atau lima lantai, dilengkapi dengan lift dan fasilitas smart home. Anda perlu menjalin hubungan yang baik dengan sesama pebisnis kost, sehingga Anda bisa saling berbagi informasi mengenai cara mengembangkan bisnis kost, bahkan bisa bekerja sama untuk membangun lebih banyak rumah kost

Demikianlah beberapa kiat sukses bisnis kos kosan yang dapat Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjadi pengusaha kost yang sukses.


Leave a Comment