Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.com

Untung dan Rugi Bagi Anda dalam Menyewakan Rumah

Pengusahakost.com – Untung dan Rugi Bagi Anda dalam Menyewakan Rumah. Bisnis dalam mengontrakkan rumah secara utuh atau lazim disebut dengan menyewakannya, saat ini makin digemari oleh mereka yang memiliki rumah di area strategis seperti perkantoran, mall, tempat pendidikan, dsb.

Nah, ketahui untung dan rugi dalam bisnis ini sebelum terjun secara lebih jauh. Simak artikel singkat berikut ini :

Sisi Kelebihannya

Saat anda memiliki kecukupan dana untuk membeli sebuah rumah, pilihlah rumah yang berada di area yang tengah berkembang seperti pada kawasan dekat jalan tol, kampus, pusat perbelanjaan, kantor, dsb. Setiap tahun, di area kawasan berkembang, akan terjadi peningkatan harga keekonomian dan juga permintaan atas sewa rumah. Ini akan menjadi peluang anda.

Selain itu, capital gain-nya bisa anda peroleh untuk jangka panjang (umumnya bisa lima tahun lebih). Dan capital gain pada rumah sewa, rata-ratanya adalah lebih tinggi ketimbang tanah kosong. Papa pasal? Ini karena pada rumah sewa telah memiliki manfaat secara langsung. Tak seperti tanah kosong yang masih belum dimanfaatkan untuk apapun.

Untuk harga sewa, umumnya adalah 5% per tahun dihitung dari harga rumah. Contohnya saja harga rumah adalah Rp600 juta, maka harga sewanya mencapai Rp30 juta setiap tahunnya. Jika ternyata situasi ekonomi stabil, di tahun depannya harga sewa dapat anda naikkan berkisar di angka 10% – 15%. Itu  tergantung dari  kondisi lingkungan sekitar. Pertimbangkan juga apabila di sekitar anda tak ada rumah yang kosong. Ini bisa menjadi faktor plus.

Lalu untuk kekurangannya

Kemudian untuk sisi kekurangannya adalah durasi penyewaan biasanya pendek, diantara 1-2 tahun saja. Kecuali jika ada penyewa seorang ekspatriat yang bekerja di tanah air. Ia akan menyewa sampai 2-5 tahun ke depan.

Lalu berikutnya adalah faktor penyewa yang bisa amanah menempati rumah anda. Ada yang jorok lantaran menganggap itu bukan rumahnya, ada yang memang bisa menjaga kebersihan dan bertanggung jawab saat menempati rumah anda tersebut.

Nah, pilihan ada di tangan anda sekarang. Simak terus pengusahakost.com untuk mendapatkan informasi seputar bisnis kost.

Leave a Comment