9 Tips Membeli Rumah Kost yang Menguntungkan

Membeli rumah kost sepintas terlihat sangat mudah, yang perlu dilakukan hanya mencari rumah yang dijual, mengajukan pinjaman ke bank, lalu melakukan renovasi dan rumah kost pun siap untuk dipasarkan. Meskipun terlihat sangat mudah, membeli rumah kost harus dilakukan dengan jeli dan hati-hati, karena salah membeli rumah kost akan berakibat fatal. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah kost. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost atau ingin menambah koleksi kost Anda, berikut ini kami uraikan beberapa tips dalam membeli rumah kost yang menguntungkan:

1. Cari Rumah Kost dengan Lokasi yang Strategis

Hal terpenting dalam membeli properti adalah lokasi, hal ini juga berlaku untuk rumah kost. Apabila Anda ingin berhasil dalam menjalankan bisnis kos kosan, maka pastikan Anda membeli rumah kost yang berada di lokasi yang strategis. Kost dengan lokasi yang strategis tidak selalu harus berada di nol jalan raya, namun dekat dengan kampus, sekolah atau perkantoran yang menjadi pangsa pasar dari bisnis kost Anda. Semakin dekat lokasi kost dengan kampus atau perkantoran, semakin tinggi pula tingkat hunian kost tersebut.

Selain dekat dengan kampus atau perkantoran, pastikan pula lokasi rumah kost yang ingin Anda beli mudah dijangkau baik dengan jalan kaki maupun dengan menggunakan kendaraan. Lokasi kost juga sebaiknya dekat dengan rumah makan, minimarket dan fasilitas umum lainnya, sehingga anak kost akan lebih mudah dalam mencari kebutuhan sehari-hari.

2. Perhatikan Lingkungan Rumah Kost

Setelah menemukan rumah kost yang strategis, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah keadaan lingkungan di sekitar rumah kost tersebut. Pastikan kost berada di lingkungan yang aman dan nyaman. Kondisi keamanan di sekitar rumah kost sangat penting, jangan sampai Anda mendapatkan tuntutan ganti rugi karena ada barang milik penghuni kost yang rusak atau hilang.

Lingkungan yang nyaman, tenang dan sejuk tentu menjadi dambaan setiap orang, termasuk anak kost yang akan menyewa rumah kost Anda. Tujuan mereka merantau adalah untuk menimba ilmu, sehingga mereka membutuhkan lingkungan yang mampu menunjang kegiatan belajar mereka.

Faktor yang sering luput dari perhatian para pengusaha kost adalah banjir. Jangan lupa periksa lokasi rumah kost yang ingin Anda beli apakah rawan banjir atau bebas dari banjir, jangan segan untuk bertanya kepada tetangga di sekitar rumah kost mengenai kondisi lingkungan di daerah tersebut.

3. Perhitungkan Jumlah Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Jumlah kamar tidur yang ada akan mempengaruhi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari sebuah rumah kost. Semakin banyak kamar yang tersedia, semakin banyak pula potensi keuntungan yang bisa Anda raih. Perhatikan jumlah kamar yang tersedia dan potensi kamar yang bisa dibangun. Saran kami untuk memulai sebuah usaha rumah kost, setidaknya dibutuhkan 5 kamar.

Ketersediaan kamar mandi sangat penting bagi penghuni kost. Jangan sampai Anda menerima komplain karena jumlah kamar mandi yang tidak cukup. Pertimbangkan jumlah kamar mandi dan potensi kamar mandi yang bisa dibangun. 1 kamar mandi untuk 1 kamar merupakan komposisi yang terbaik, namun 1 kamar mandi yang digunakan bersama oleh 2 – 3 orang penghuni kost merupakan pilihan yang paling efisien.

4. Cek Ketersediaan Lahan Parkir

Ketersediaan lahan parkir juga harus diperhatikan. Umumnya area parkir motor wajib tersedia di sebuah rumah kost. Jumlah motor yang bisa masuk ke area parkir tersebut minimal sama dengan jumlah kamar kost. Lahan parkir mobil tidak wajib, namun akan menjadi sebuah nilai tambah bagi penghuni kost serta peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi Anda.

5. Cek Ketersediaan Listrik, Air dan Internet

Kelengkapan utilitas seperti listrik, air dan internet sangat penting untuk menjamin kenyamanan para penghuni kost. Pasokan daya listrik dan debit air harus mampu memenuhi kebutuhan seluruh anak kost. Selain listrik dan air, sebagian anak kost juga menuntut tersedianya fasilitas internet atau free wifi. Apabila Anda ingin membeli sebuah rumah kost, jangan lupa untuk memastikan ketiga sarana tersebut tersedia.

6. Periksa Kondisi Bangunan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat Anda ingin berinvestasi di bisnis kos kosan adalah kondisi bangunan rumah kost. Pada umumnya ada tiga jenis kondisi bangunan rumah kost, yaitu masih berupa tanah kosong, bangunan tua maupun bangunan baru. Kondisi bangunan tentu akan mempengaruhi seberapa besar jumlah dana yang perlu Anda sediakan untuk melakukan pembangunan atau renovasi.

7. Periksa Kelengkapan Surat-Surat

Sebelum Anda deal dan memutuskan untuk membeli rumah kost, ada satu hal lagi yang perlu Anda periksa, yaitu kelengkapan surat-surat. Hal ini sangat penting untuk menjamin hak Anda sebagai pembeli dan pemilik selanjutnya. Jangan sampai setelah Anda membeli rumah tersebut, timbul sengketa yang akan merugikan Anda. Periksalah kelengkapan surat-surat seperti sertifikat tanah dan izin mendirikan bangunan.

8. Pelajari Kompetitor

Satu hal yang sering luput dari perhatian calon pengusaha kost adalah kompetisi atau persaingan antar rumah kost. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah kost, pelajarilah supply and demand atau seberapa besar tingkat permintaan dan penawaran kamar kost di daerah tersebut. Apabila sebagian besar rumah kost penuh, berarti permintaan akan kamar kost di area tersebut masih tinggi dan besar peluang kost yang Anda buka akan sukses. Namun sebaliknya, apabila banyak rumah kost yang sepi, berarti area tersebut sudah jenuh dan tidak membutuhkan tambahan rumah kost.

Lakukan survey seperti apa kost yang paling banyak diminati, apakah kost pria, kost wanita atau kost campur. Jangan lupa amati fasilitas yang ditawarkan oleh kos-kosan yang terdapat di area tersebut. Fasilitas yang sering ditawarkan adalah AC, kamar mandi dalam, internet dan parkir. Amati komposisi fasilitas dan harga yang ditawarkan oleh setiap kost. Dengan melakukan survey ini Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai seperti apa model kos kosan yang akan Anda bangun.

9. Negosiasi Harga dan Pendanaan

Setelah memperhatikan semua hal tersebut, hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran Anda dan sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan di atas. Jangan lupa untuk memeriksa harga properti lain di daerah tersebut sebagai perbandingan. Akan lebih bagus bila Anda membeli rumah kost yang sudah beroperasi, sehingga perhitungan untung ruginya sudah jelas di awal.

Setelah harga sesuai, maka Anda perlu menyiapkan dana untuk membeli rumah kost. Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dana, bisa dari tabungan pribadi, pinjaman dari keluarga dan relasi, namun yang paling umum adalah dengan meminjam dari bank. Saat ini cukup banyak bank yang menawarkan kredit investasi atau kredit pemilikan rumah dengan jangka waktu yang cukup panjang dan suku bunga yang kompetitif.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangan sebelum membeli sebuah rumah kost. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin berbisnis kost atau menambah jumlah kost Anda.

One Response

  1. Rahardjo Soenyoto Tan 13/07/2018

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda diSewaKost.com