Keunggulan Investasi Rumah Kost dibanding Investasi Properti Lainnya

Ada ribuan cara yang dapat dilakukan untuk melipatgandakan uang Anda, mulai dari cara yang mistis hingga realistis. Di zaman yang modern ini, investasi properti dipandang sebagai salah satu jenis investasi yang paling stabil dalam menjaga pundi-pundi kekayaan Anda dari gerusan inflasi. Berinvestasi di bidang properti dengan cara yang tepat juga akan mampu melipatgandakan kekayaan Anda dengan cepat.

Berbicara mengenai investasi di bidang properti, saat ini investor ditawarkan dengan cukup banyak jenis properti yang dapat dijadikan sarana dalam berinvestasi, mulai dari tanah, rumah, apartemen, hingga kos kosan. Pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak Anda untuk membandingkan berbagai pilihan investasi di bidang properti.

Investasi Properti adalah Investasi yang Menguntungkan

Apapun bentuknya, baik berupa tanah, rumah, apartemen maupun kost, investasi di bidang properti menawarkan beberapa keunggulan dibanding jenis investasi lain, yaitu:

1. Investasi properti lebih stabil dan rendah risiko

Risiko investasi di bidang properti tergolong rendah karena harga properti yang stabil. Pergerakan harga properti tidak segesit harga saham yang dengan mudah naik turun. Harga properti juga tidak terlalu dipengaruhi oleh kondisi perekonomian negara, sehingga meskipun perekonomian sedang lesu, harga properti akan tetap stabil. Kestabilan yang ditawarkan oleh investasi properti inilah yang mampu membuat investor tidur dengan nyenyak ketika perekonomian sedang menurun.

2. Properti dapat dijadikan agunan

Keuntungan lain dari berinvestasi di bidang properti adalah properti yang dimiliki bisa dijadikan jaminan apabila Anda sedang membutuhkan dana. Selain itu bunga pinjaman dengan jaminan properti jauh lebih rendah dibanding jaminan lain seperti mobil, motor dan logam mulia. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengembalikan pinjaman.

3. Investasi jangka panjang dan passive income

Investasi properti merupakan investasi yang sifatnya jangka panjang, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup lama untuk mengalokasikan dana yang Anda miliki. Properti juga mampu bertahan lama dan harganya terus naik, sehingga walaupun memerlukan waktu yang lama, keuntungan yang diperoleh cukup tinggi. Selain harganya terus naik, properti yang dikelola dengan baik seperti rumah kost juga akan menjadi sumber passive income bagi Anda dan keluarga.

Perbandingan investasi tanah dan rumah kost

Keunggulan utama dari invetasi tanah adalah biaya perawatan yang tergolong rendah. Sebidang tanah kosong memang tidak memerlukan banyak ongkos untuk pemeliharaan, berbeda dengan rumah kost yang memerlukan perawatan secara berkala untuk menjamin kenyamanan para penghuninya.

Keunggulan kedua dari investasi tanah adalah adanya potensi untuk dikembangkan, maksudnya adalah di atas sebidang tanah kosong masih bisa dibangun rumah, ruko, kost, hotel, sekolah, rumah sakit atau jenis bangunan lain yang sesuai dengan potensi kawasan tersebut, sedangkan untuk rumah kost akan lebih sulit untuk mengubah fungsinya.

Kekurangan dari investasi tanah dibanding investasi rumah kost adalah, tanah tidak menghasilkan apa-apa, sehingga Anda hanya mendapat keuntungan dari kenaikan harga tanah, sedangkan pada rumah kost ada penghasilan yang bersifat rutin dari uang sewa kost.

Perbandingan investasi rumah tinggal dan rumah kost

Apabila rumah hanya digunakan sebagai tempat tinggal, tentu Anda memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja di dalam rumah, misalnya menonton tv atau makan tanpa perlu sungkan dilihat oleh orang lain. Anda juga bebas untuk melakukan apa saja terhadap rumah Anda, misalnya meninggalkan rumah untuk berlibur atau menjual rumah tanpa perlu memikirkan orang lain, sebaliknya pada rumah kost kebebasan Anda sedikit berkurang, misalnya apabila Anda memutuskan untuk menjual rumah maka Anda harus mempertimbangkan bagaimana nasib anak kost apabila rumah kost dijual.

Selain berkurangnya kebebasan, rumah kost juga perlu dikelola dengan baik. Anda perlu menyediakan tenaga kerja untuk menjaga dan membersihkan rumah kost. Selain itu pada rumah kost biaya utilitas seperti listrik dan air akan lebih mahal dibanding rumah tinggal, namun dari segi income rumah kost memberikan pemasukan yang rutin.

Apabila rumah dikontrakkan atau disewakan, tentu Anda akan memperoleh penghasilan dari uang sewa. Rumah yang dikontrakkan sebenarnya hampir sama dengan rumah yang dikostkan, namun terdapat perbedaan di antara keduanya. Pada rumah yang dikontrakkan, Anda hanya akan direpotkan di awal masa kontrak, sedangkan pada rumah kost minimal sebulan sekali Anda perlu memeriksa keadaan kost. Demikian pula dengan uang yang Anda terima. Apabila Anda mengontrakkan rumah, maka uang sewa diberikan sekaligus di awal masa sewa, sedangkan pada rumah kost uang sewa kost diberikan secara rutin setiap bulan.

Kekurangan dari mengontrakkan rumah dibanding rumah kost adalah Anda tidak memiliki kebebasan untuk mengontrol dan mengawasi rumah, sehingga setelah masa sewa berakhir terdapat cukup banyak bagian rumah yang perlu diperbaiki dan dana yang diperlukan untuk melakukan perbaikan cukup tinggi, sedangkan pada rumah kost Anda bebas untuk keluar masuk memeriksa kondisi rumah. Anda pun bebas untuk menentukan kapan perbaikan akan dilakukan, misalnya perbaikan kecil seperti mengganti kran air atau lampu bisa dilakukan segera setelah terjadi kerusakan, sedangkan perbaikan besar seperti mengecat dinding atau memperbaiki plafon dapat dilakukan pada saat anak kost libur.

Untuk investasi properti pada toko, kantor, ruko maupun rukan sebenarnya sama dengan mengontrakkan rumah, hanya wujud atau bentuk bangunan yang berbeda.

Perbandingan investasi apartemen dan rumah kost

Investasi apartemen belakangan ini cukup populer. Kendaraan investasi yang satu ini dilirik banyak orang karena harganya yang lebih terjangkau dibanding rumah kost. Hanya dengan dana beberapa ratus juta Anda sudah bisa membeli satu unit apartemen. Berbeda dengan investasi rumah kost yang memerlukan dana hingga miliaran rupiah.

Apartemen pada umumnya dibangun di lokasi yang strategis dan fasilitasnya lebih lengkap, sehingga diminati oleh para penyewa dari kalangan menengah ke atas, sedangkan untuk investasi rumah kost Anda harus jeli dalam memilih lokasi kost dan meracik komposisi yang pas antara harga sewa kost dan fasilitas yang ditawarkan.

Kekurangan terbesar dari investasi apartemen adalah biaya bulanan seperti service charge, listrik dan air yang cukup tinggi, sehingga harga sewa apartemen juga lebih mahal. Berbeda dengan investasi rumah kost di mana unsur biaya utilitas dibagi ke beberapa kamar, sehingga lebih murah dan terjangkau oleh anak kost.

Investasi properti yang paling menguntungkan

Lantas apakah jenis investasi properti yang harus dipilih? Jawabannya tergantung pada 2 hal, yaitu alokasi dana dan waktu yang mampu Anda sediakan. Apabila Anda memiliki dana yang terbatas serta waktu yang terbatas, maka tanah dipandang sebagai pilihan yang tepat. Bila Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak namun budget terbatas, Anda bisa berinvestasi pada apartemen yang disewakan secara harian. Sedangkan bila dana Anda cukup banyak, namun aktivitas Anda terlalu padat, maka berinvestasi pada rumah tapak yang disewakan dipandang sebagai pilihan yang tepat.

Investasi rumah kost patut untuk dipilih apabila Anda memiliki dana cadangan extra dan waktu luang yang cukup banyak. Selain membutuhkan modal yang cukup tinggi, investasi pada kos kosan juga memerlukan perhatian extra. Meskipun demikian, kerja keras Anda pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan, karena keuntungan yang diperoleh dari investasi kost jauh lebih tinggi dibanding keuntungan pada investasi properti lainnya.

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda diSewaKost.com