Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.com

Promosi Kost dengan Memanfaatkan Instagram

Sudah tidak diragukan lagi, Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang paling digemari di Indonesia. Aplikasi berbagi foto dan video ini sangat populer, terutama di kalangan generasi muda. Meskipun tujuan utama dari penggunaan Instagram adalah untuk bersosialisasi, namun aplikasi ini juga sangat berpotensi untuk dijadikan saluran promosi bisnis kost yang Anda tekuni.

Alasan Mempromosikan Kost Melalui Instagram

Ada begitu banyak aplikasi sosial media, seperti Facebook dan Twitter. Lantas mengapa harus menggunakan Instagram untuk mempromosikan kost? Jawabannya adalah karena Instagram adalah aplikasi yang  menekankan pada aspek visual. Informasi yang berupa gambar dan video jauh lebih mudah dicerna daripada informasi yang berupa teks, selain itu aplikasi ini juga mudah digunakan.

Hingga saat ini sudah lebih dari 1 miliar orang yang menggunakan Instagram dan kabar baiknya adalah sebagian besar dari pengguna Instagram adalah generasi muda, para mahasiswa dan eksekutif muda yang menjadi pangsa pasar dari bisnis kost. Di SewaKost.com kami yakin bahwa dalam mempromosikan kost, kita harus hadir di mana para pencari kost berada. Instagram adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pencari kost, sehingga kita harus hadir di hadapan mereka melalui Instagram.

Tips Mempromosikan Kost Melalui Instagram

Lalu bagaimana cara yang mudah dan efektif untuk mempromosikan kost di Instagram? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Promosikan kost dengan menggunakan akun Instagram bisnis

Pada saat mendaftar di Instagram, Anda akan ditawarkan dua pilihan, yaitu akun personal dan akun bisnis. Pastikan Anda memilih akun bisnis, karena ada beberapa fitur yang hanya tersedia di akun bisnis. Salah satu fitur yang hanya tersedia di akun bisnis adalah insight. Melalui fitur insight Anda dapat menganalisa foto seperti apa yang disukai oleh follower Anda. Dari fitur insight ini Anda dapat mengetahui foto apa yang mendapatkan paling banyak like, komentar dan disimpan oleh follower Anda. Selain itu dengan menggunakan akun bisnis, Anda dapat menambahkan beragam cara bagi para follower untuk menghubungi Anda, baik melalui email, telepon maupun alamat kost.

2. Optimalkan informasi di kolom biodata

Hal yang paling pertama dilihat oleh para pengguna Instagram adalah kolom biodata Anda. Pandangan pertama sangat penting untuk membuat orang yang membuka akun Instagram Anda menekan tombol follow. Oleh karena itu, tampilkan informasi di kolom biodata akun Instagram Anda seoptimal mungkin. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Gunakan nama dan username yang singkat dan mudah diingat. Apabila Anda punya nama kost, silahkan cantumkan nama kost Anda di kolom ini.
  • Tampilkan foto profil yang menarik. Apabila Anda memiliki logo untuk kost Anda, silahkan gunakan logo tersebut di foto profil.
  • Tampilkan informasi singkat mengenai kost di kolom bio. Pada kolom bio cantumkan jenis atau pangsa pasar kost Anda, lokasi kost Anda dan fitur atau fasilitas unggulan yang tersedia di kost Anda.
  • Jangan lupa lengkapi kolom website, email, telepon dan alamat, sehingga pencari kost lebih mudah menghubungi Anda.

3. Posting foto yang menarik secara rutin

Setelah mengoptimalkan biodata akun Anda, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah posting foto secara rutin, sehingga Anda bisa lebih sering berinteraksi dengan para follower Anda.  Dari interaksi tersebut, pasti ada beberapa yang berminat untuk tinggal di rumah kost Anda. Lantas konten seperti apa yang harus diupload ke Instagram?

  • Foto bagian rumah kost, seperti tampak depan, kamar tidur, kamar mandi, dan bagian rumah lain yang mampu menggambarkan kenyamanan di rumah kost Anda.
  • Foto fasilitas yang ditawarkan, seperti AC, modem wifi dan perabotan. Bagian sebagian orang foto benda-benda tersebut mungkin membosankan, namun dengan angle atau sudut yang tepat, foto ini akan menarik dan mampu membuktikan bahwa fasilitas tersebut tersedia di rumah kost Anda.
  • Foto pembangunan rumah kost, perawatan fasilitas dan pelayanan oleh karyawan. Sekali lagi foto seperti ini mungkin membosankan, namun dengan angle yang tepat, foto ini mampu menggambarkan betapa berkualitasnya kost yang Anda tawarkan.
  • Foto aktivitas penghuni kost, seperti kegiatan nonton bareng dan merayakan ulang tahun anak kost. Menampilkan foto aktivitas penghuni kost di akun Instagram penting untuk menggambarkan suasana kekeluargaan di rumah kost Anda.
  • Foto tempat penting di sekitar kost, seperti kampus, pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Foto seperti ini akan mampu menggambarkan betapa strategisnya kost yang Anda tawarkan.
  • Kata mutiara, tips dan informasi ringan. Apabila Anda sudah kehabisan foto untuk diupload, Anda bisa memposting kata mutiara untuk memotivasi follower Anda, serta tips dan informasi yang bermanfaat bagi follower Anda.

4. Manfaatkan hashtag

Setiap hari ada begitu banyak foto yang diupload oleh para pengguna Instagram, lalu bagaimana caranya agar foto yang Anda posting bisa ditemukan oleh para pencari kost? Caranya adalah dengan memanfaatkan hashtag atau tanda pagar (#). Di Instagram hashtag berguna untuk mengelompokkan foto yang diposting ke dalam kategori tertentu, sehingga apabila seseorang mencari foto, maka foto yang diberi hashtag tertentu akan muncul. Jadi setiap kali Anda mengupload foto di Instagram, jangan lupa cantumkan 5 – 10 hashtag yang berkaitan dengan bisnis kost Anda.

5. Manfaatkan fitur Instagram lainnya

Fitur utama Instagram adalah berbagi foto, namun aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur lain yang dapat Anda manfaatkan, seperti:

  • Video, Anda bisa memposting video dengan durasi maksimal 60 detik.
  • Carousel, yaitu postingan yang berisi maksimal 10 foto dan video.
  • Instagram Stories, fitur ini mirip dengan snapchat dan Facebook Stories, dimana pengguna bisa mengupload foto atau video yang akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam.
  • Instagram Live, fitur ini mirip dengan Instagram Stories, namun Instagram Live akan hilang setelah Anda mengakhiri siaran.

6. Beriklan di Instagram

Anda dapat beriklan di Instagram untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Secara umum ada dua cara beriklan di Instagram, yaitu dengan memanfaatkan Instagram Ads dan beriklan di akun influencer. Instagram Ads adalah fitur periklanan yang ditawarkan oleh Instagram. Melalui fitur ini, Anda membayar Instagram untuk menampilkan foto iklan Anda kepada para pengguna Instagram sesuai dengan audiens yang telah ditentukan.

Sedangkan apabila Anda memutuskan untuk beriklan melalui influencer, maka Anda membayar pemilik akun Instagram yang  berpengaruh di bidang tertentu untuk memposting foto iklan yang sudah ditentukan. Akun Instagram yang Anda manfaatkan untuk beriklan sebaiknya memiliki follower yang sama dengan pangsa pasar kost Anda, misalnya akun Instagram komunitas mahasiswa perguruan tinggi yang berada di sekitar kost Anda atau akun instagram yang memposting informasi rumah kost seperti @sewakost.

Mempromosikan kost melalui Instagram memang memerlukan usaha, namun hasilnya tentu sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Kami berharap panduan yang telah diuraikan di atas mampu memudahkan Anda untuk memanfaatkan Instagram sebagai salah satu sarana pemasaran kost.


1 thought on “Promosi Kost dengan Memanfaatkan Instagram”

Leave a Comment