Pertimbangkan Hal Ini Saat Membeli Rumah Kost

Menjalankan usaha kost tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kost cukup besar, sehingga dibutuhkan kehati-hatian sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam bisnis ini. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost atau ingin menambah koleksi kost Anda, berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah kost:

Pendanaan

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum memulai bisnis kost adalah dana atau modal untuk membeli rumah kost. Ada beragam cara untuk mendapatkan dana, bisa dari tabungan pribadi, pinjaman dari keluarga dan relasi, namun yang paling umum adalah dengan meminjam dana dari bank. Saat ini sangat banyak bank yang menawarkan kredit investasi atau kredit pemilikan rumah dengan jangka waktu yang cukup panjang dan suku bunga yang kompetitif.

Lokasi dan Pangsa Pasar

Lokasi sebuah rumah kost sangat mempengaruhi hasil investasi yang bisa diperoleh dari rumah kost tersebut. Pastikan lokasi kost mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pertimbangkan juga pangsa pasar rumah kost tersebut. Daya tarik utama sebuah rumah kost adalah kampus dan perkantoran. Semakin dekat lokasi kost dengan kampus atau perkantoran, semakin tinggi pula tarif kost tersebut. Namun selain kampus dan perkantoran ada beberapa lokasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis kost (baca artikel Pangsa Pasar Bisnis Kost Bukan Hanya Mahasiswa).

Kondisi Bangunan

Tentu akan jauh berbeda apabila Anda membeli tanah kosong dengan tanah yang sudah ada bangunannya. Selain itu perhatikan pula kondisi bangunan seperti atap dan dinding, apakah memerlukan perbaikan atau tidak. Semakin banyak perbaikan yang diperlukan, tentu semakin banyak dana yang perlu Anda siapkan.

Jumlah Kamar

Jumlah kamar yang ada sangat mempengaruhi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari sebuah rumah kost. Semakin banyak kamar yang tersedia, semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Perhatikan jumlah kamar yang tersedia dan potensi kamar yang bisa dibangun. Saran kami untuk memulai sebuah usaha kost, setidaknya dibutuhkan 5 kamar.

Jumlah Kamar Mandi

Ketersediaan kamar mandi sangat penting bagi penghuni kost. Jangan sampai Anda menerima komplain karena jumlah kamar mandi yang sangat sedikit. Pertimbangkan jumlah kamar mandi dan potensi kamar mandi yang bisa dibangun. 1 kamar mandi untuk 1 kamar merupakan komposisi yang terbaik, namun 1 kamar mandi yang digunakan bersama oleh 3 – 5 orang penghuni kost merupakan pilihan yang paling efisien.

Lahan Parkir

Ketersediaan lahan parkir juga harus diperhatikan. Umumnya area parkir motor wajib tersedia di sebuah rumah kost. Jumlah motor yang bisa masuk ke area parkir tersebut minimal sama dengan jumlah kamar kost. Lahan parkir mobil tidak wajib, namun akan menjadi sebuah nilai tambah bagi penghuni kost dan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi Anda.

membeli rumah kost

Keamanan Lingkungan

Kondisi keamanan di sekitar rumah kost sangat penting. Jangan sampai Anda mendapatkan tuntutan ganti rugi karena ada barang milik penghuni kost yang rusak atau hilang. Tanyakan kepada tetangga di sekitar properti tersebut mengenai kondisi keamanan di daerah itu.

Daya Listrik

Apabila Anda berencana untuk menawarkan kost AC, daya listrik tentu menjadi salah satu pertimbangan. Perhatikan apakah daya listrik cukup untuk melayani kebutuhan penghuni kost.

Harga

Setelah memperhatikan semua hal tersebut, hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran Anda dan sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan di atas. Jangan lupa untuk memeriksa harga properti lain di daerah tersebut sebagai perbandingan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangan sebelum membeli sebuah rumah kost. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin berbisnis kost atau menambah jumlah kost Anda.

 

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda diSewaKost.com