Mempersiapkan Kost untuk Menyambut Mahasiswa Baru

Masa penerimaan mahasiswa baru merupakan saat yang paling dinanti oleh para pengusaha kost. Inilah saatnya kamar kosong yang ditinggalkan oleh mahasiswa yang telah lulus akan segera terisi. Pada masa penerimaan mahasiswa baru, pengelola kost akan disibukkan dengan menerima panggilan telepon dan menyambut calon anak kost yang ingin melihat kamar. Lakukan 4 hal sederhana ini agar kamar kost lebih cepat terisi.

1. Mempersiapkan kamar kost

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kamar kost. Sebelum para peminat kost datang, Anda harus yakin bahwa kamar kost yang ditawarkan mampu memikat, bahkan akan lebih baik lagi bila mereka langsung membayar uang muka sewa kost tanpa berpikir panjang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan kamar kost:

  1. Bersihkan kamar kost dari debu dan sarang laba-laba. Pastikan kamar kost yang ditawarkan dalam keadaan bersih, sudah disapu dan dipel. Kebersihan area umum seperti ruang tamu, kamar mandi dan dapur juga penting untuk dibersihkan.
  2. Apabila Anda menawarkan kamar yang dilengkapi dengan perabotan seperti spring bed, meja, kursi dan lemari pakaian, maka pastikan perabotan tersebut dapat digunakan atau berfungsi dengan baik.
  3. Selain perabotan, hal lain yang harus dipastikan berfungsi dengan baik penyejuk ruangan, seperti AC atau exhaust fan. Hal ini sangat penting untuk menjamin kenyamanan penyewa kamar kost Anda.
  4. Perbaiki bagian kamar kost yang rusak. Bagian kamar kost yang cukup sering mengalami kerusakan adalah plafon, pintu, dan jendela. Bagian-bagian kamar kost tersebut sering berlubang, lapuk atau berjamur pada musim hujan. Pastikan plafon tidak berlubang atau berjamur dan pintu serta jendela bisa dibuka tutup dengan mudah.

Pastikan kamar kost dan fasilitas yang lain siap untuk digunakan. Apabila perlu, bayangkan posisi Anda sebagai orang yang mencari kost. Tanyakan kepada diri Anda, “Apabila saya menyewa kamar kost ini, apakah saya akan merasa nyaman dan apakah ada hal lain yang akan membuat saya menjadi lebih nyaman untuk tinggal di kost ini?” Bila Anda ragu-ragu, cobalah untuk tidur di kamar tersebut semalam atau dua malam dan apabila Anda menemukan hal-hal yang perlu dibenahi, segera lakukan perbaikan.

2. Menentukan harga sewa kost

Umumnya setiap tahun harga sewa kost akan mengalami kenaikan, mengikuti harga kebutuhan hidup yang selalu naik. Sebelum para peminat kost menghubungi Anda, Anda perlu menentukan berapa harga sewa kost yang tepat. Pada dasarnya harga sewa kost dipengaruhi oleh beberapa faktor,  seperti biaya operasional, fasilitas yang ditawarkan, lokasi dan masa sewa kost. Pastikan harga sewa kost pas bagi kantong anak kost, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menentukan harga sewa kost yang tepat, silahkan baca artikel Tips Menentukan Harga Sewa Kost yang Tepat.

3. Promosikan kost

Mempromosikan kost sangat penting untuk dilakukan agar para pencari kost tahu bahwa Anda sedang menawarkan kost. Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kost mulai dari cara yang konvensional seperti memasang spanduk terima kost hingga yang modern seperti memasang iklan di internet. Dari beragam cara promosi kost, memasang iklan di internet merupakan cara yang paling murah dan mudah. Apabila Anda belum melakukan pemasaran kost melalui internet, Anda dapat memasang iklan di SewaKost.com. Apabila Anda sudah memasang iklan, ada baiknya untuk memeriksa kembali iklan Anda, apakah iklan Anda masih ditampilkan di website serta isi iklan sudah sesuai dengan keadaan kost atau mungkin ada informasi seperti harga dan fasilitas yang perlu diupdate.

4. Sambut calon penghuni kost dengan ramah

Sekarang sudah bukan zamannya lagi ibu kost atau bapak kost yang galak. Menjadi pengusaha kost itu tidak harus dilakukan dengan galak, namun dengan tegas dan ramah. Di satu sisi pengusaha kost harus tegas dalam menerapkan peraturan kost dan di sisi yang lain juga harus ramah dalam melayani penghuni kost, sehingga penghuni kost merasa nyaman tinggal di kost tersebut. Keramahan tersebut dimulai dari menerima telepon peminat kost, menyambut kunjungan peminat kost yang ingin melihat kondisi kamar kost, hingga memberikan pelayanan yang prima saat peminat kost telah menyewa kamar kost.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan kost untuk menyambut mahasiswa baru, Besar harapan kami kost yang Anda tawarkan cepat penuh.

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda diSewaKost.com