Membuat Deskripsi Iklan Kost yang Jelas dan Lengkap

Dalam memasang iklan kost di internet, deskripsi iklan merupakan keterangan lebih lanjut dari judul iklan Anda. Apabila seorang pencari kost tertarik dengan judul iklan kost yang Anda buat, maka ia akan mencari informasi lebih lanjut dengan melihat foto dan membaca deskripsi iklan kost yang Anda buat. Deskripsi iklan kost yang baik harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan oleh para pencari kost, yaitu lokasi, fasilitas, harga dan nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi apabila ia berminat dengan kost tersebut.

Pada umumnya deskripsi iklan kost terdiri dari lima bagian utama yang disusun secara berurutan, yaitu:

  1. Lokasi
  2. Fasilitas
  3. Harga
  4. Alamat
  5. Kontak

Berikut ini uraian lebih lanjut dari masing-masing bagian tersebut:

1. Lokasi kost

Lokasi kost adalah pertimbangan utama bagi seseorang dalam mencari kost. Pada bagian ini Anda tidak wajib untuk memberikan alamat lengkap, namun berikan uraian mengenai lokasi-lokasi yang menjadi pusat perhatian di sekitar kost Anda. Sebutkan nama jalan utama dan fasilitas umum yang terdapat di sekitar kost Anda seperti kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat pariwisata. Jelaskan juga bagaimana cara mengakses lokasi kost Anda, kendaraan umum apa saja yang melewati area kost dan berapa lama waktu tempuh ke fasilitas umum yang terdapat di sekitar kost.

2. Fasilitas kamar dan fasilitas bersama

Setiap kost menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda perlu menguraikan fasilitas apa saja yang Anda tawarkan. Uraikan apa saja fasilitas yang terdapat di dalam kamar, seperti tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian, AC, internet, televisi berlangganan, dan kamar mandi dalam. Lalu pada kamar mandi dalam apakah terdapat pancuran, toiletnya jongkok atau duduk, apakah dilengkapi dengan pemanas air atau tidak. Setelah itu beranjak ke luar kamar, apa saja fasilitas bersama dan layanan yang Anda tawarkan seperti parkir mobil dan motor, kolam renang, alat-alat olahraga, cuci setrika dan keamanan. Lalu apakah Anda juga menyediakan air minum dan sarapan bagi para penghuni kost.

3. Harga sewa kost

Pada umumnya harga sewa kost adalah per bulan, namun apabila Anda menerima kost harian, silahkan sebutkan berapa harganya. Anda juga dapat mengikat calon penghuni kost dengan menawarkan diskon untuk pembayaran selama enam bulan atau satu tahun. Selain itu fasilitas kamar kost seperti AC dan kamar mandi dalam juga mempengaruhi harga sewa. Kamar dengan AC dan kamar mandi dalam tentu lebih mahal dibanding kamar biasa. Di beberapa kost kadang terdapat kamar yang bisa dihuni oleh lebih dari satu orang, maka sebutkan harga sewa bila dihuni satu orang dan bila dihuni lebih dari satu orang (baca artikel Tips Menentukan Harga Sewa Kost yang Tepat).

4. Alamat kost

Alamat kost sebaiknya tidak dicantumkan di awal iklan, melainkan di akhir iklan. Karena pertanyaan yang paling pertama muncul di benak pencari kost adalah di mana alamat kost ini. Apabila Anda memberikan alamat lengkap di awal, maka ia sudah mendapatkan jawaban yang ia inginkan, dan kemungkinan besar tidak membaca keseluruhan iklan Anda. Ia bisa saja hanya membaca alamat dan harga, lalu tidak membaca fasilitas yang Anda tawarkan dan secara sepihak memperikan penilaian bahwa kost Anda mahal. Oleh karena itu alamat kost sebaiknya dicantumkan di bagian akhir iklan. Bagian ini sebaiknya berisi informasi berupa nama jalan, apabila kost Anda berada di dalam perumahan, sebutkan nama perumahannya, lalu sebutkan pula kecamatan, kelurahan, kota/kabupaten dan provinsi. Beberapa pemasang iklan biasanya kembali memperjelas bahwa lokasi kost mereka sangat strategis dengan memberikan keterangan seperti depan gerbang barat kampus ABC atau samping Bank XYZ.

5. Nomor telepon dan kontak lain

Mencantumkan kontak di iklan Anda terlihat sepele, namun sangat penting. Sebagus apapun iklan yang Anda buat, apabila tidak disertai nomor telepon yang bisa dihubungi, maka iklan tersebut akan sia-sia. Minimal cantumkan nomor telepon atau nomor HP yang mudah dihubungi oleh para pencari kost dan pastikan nomor tersebut selalu aktif. Sebagai tambahan Anda juga dapat mencantumkan saluran komunikasi lain seperti email, BBM, LINE, dan WhatsApp.

Bagaimana dengan peraturan kost dan testimoni?

Beberapa pemasang iklan juga mencantumkan informasi tambahan berupa peraturan kost dan testimoni dari orang-orang yang pernah menginap di kost mereka. Mencantumkan peraturan kost bisa berdampak positif, namun bisa juga berdampak buruk apabila peraturan yang Anda buat terlalu ketat. Sebaiknya peraturan kost tidak dicantumkan dan dibahas pada saat calon penghuni kost menghubungi Anda. Sedangkan testimoni bisa Anda sertakan pada bagian deskripsi iklan setelah Anda membahas fasilitas kost atau bisa juga berupa cuplikan layar (screenshot) dari aplikasi percakapan seperti WhatsApp atau BBM yang disampaikan oleh penghuni kost yang puas dengan layanan Anda.

Dengan membuat deskripsi iklan kost yang jelas dan lengkap, promosi kost Anda akan lebih efektif dan kost menjadi lebih cepat penuh.

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN