10 Kota dengan Peminat Kost Terbanyak

Setelah melakukan riset kecil-kecilan mengenai pangsa pasar bisnis kost, kami kemudian melanjutkan dengan mencari kota-kota di Indonesia yang memiliki peminat kost terbanyak. Tujuannya adalah untuk mengetahui daerah mana saja yang memiliki prospek cerah untuk menjalankan usaha rumah kost. Kami mendapati bahwa kota-kota besar di pulau Jawa merupakan kota-kota yang paling diminati oleh para pencari kost. Sebagian besar merupakan kota yang memiliki banyak perguruan tinggi sehingga mendapat julukan kota pelajar, sedangkan sebagian yang lain terkenal sebagai tempat wisata dan sisanya merupakan pusat perdagangan yang dipadati dengan perkantoran, mall, pabrik serta pergudangan.

Berikut ini daftar kota-kota di Indonesia yang paling diminati oleh para pencari kost:

1. Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota Indonesia merupakan tempat yang paling diminati oleh para pencari kost. Banyaknya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta menjadikan Jakarta sebagai tempat favorit bagi para mahasiswa dalam menimba ilmu. Selain padat dengan fasilitas pendidikan, kota yang terkenal dengan kemacetannya ini juga menjadi tempat tujuan para perantau yang ingin mengadu nasib untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Jakarta Selatan merupakan kota administrasi yang paling padat dengan permintaan akan rumah kost. Daerah sekitar Universitas Indonesia adalah area yang cukup padat dengan kost mahasiswa. Hal ini bisa dibilang unik karena sebenarnya kampus Universitas Indonesia berada di Depok, Jawa Barat. Selain sekitar kampus Universitas Indonesia Depok, daerah lain yang juga cukup diminati oleh pencari kost adalah sekitar Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia kampus Salemba, Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma dan Universitas Kristen Jakarta.

2. Bandung

Kota yang terkenal dengan sebutan Paris van Java ini memikat sangat banyak mahasiswa yang ingin menimba ilmu. Beberapa perguruan tinggi yang terkenal di Bandung antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Pendidikan Islam.

Selain menjadi kota pendidikan, kota Bandung juga sangat terkenal sebagai pusat industri tekstil. Hal ini menjadikan Bandung sebagai tempat yang ideal bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost harian, terutama di sekitar pabrik tekstil dan factory outlet.

3. Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja sudah lama menyandang julukan kota pelajar. Menjamurnya perguruan tinggi di Jogja menjadikan kota ini sebagai daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa yang ingin menimba ilmu. Universitas Gadjah Mada telah lama menyandang predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, maka jangan heran bila banyak rumah pribadi di sekitar UGM yang beralih fungsi menjadi rumah kost. Selain UGM, beberapa perguruan tinggi yang cukup populer di Yogyakarta adalah Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kota yang juga dikenal dengan sebutan kota gudeg ini selain menjadi pusat pendidikan juga terkenal dengan kebudayaannya. Nama Jalan Malioboro bahkan sudah mendunia dan wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Jogja. Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis juga menjadi ikon khas kota Yogyakarta. Padatnya wisatawan di Jogja merupakan alasan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost harian atau guest house di kota ini.

4. Semarang

Ibukota Jawa Tengah ini sangat terkenal dengan kawasan Simpang Lima yang merupakan pusat bisnis yang berkembang dengan sangat pesat. Selain kawasan Simpang Lima, beberapa area lain di kota Semarang juga sedang dikembangkan untuk menjadi pusat bisnis terpadu. Perekonomian di kota Semarang ditopang oleh kehadiran industri farmasi dan jamu yang menjadi penggerak roda perekonomian kota ini. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan tenaga kerja di kota Semarang meningkat drastis dan berimbas pada tingginya kebutuhan akan hunian kost.

Walaupun fasilitas pendidikan di kota Semarang tidak sepopuler Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, namun perguruan tinggi di Semarang cukup diminati oleh para mahasiswa, terutama mahasiswa yang berasal dari daerah di Jawa Tengah. Beberapa perguruan tinggi yang populer di Semarang antara lain Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan UIN Walisongo.

5. Surabaya

Kota yang terkenal dengan julukan Kota Pahlawan ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah jakarta. Kota Surabaya boleh dikata merupakan gerbang yang menghubungkan Indonesia Barat dengan Indonesia Timur. Hal ini terbukti dari banyaknya pelayaran dan penerbangan dari kota-kota di Indonesia Barat yang singgah di Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan ke kota-kota di Indonesia Timur. Peran Surabaya sebagai penghubung tersebut menjadikan perkembangan ekonomi di kota ini tumbuh dengan sangat pesat. Pesatnya pertumbuhan ekonomi di Surabaya menjadikan kota ini sebagai magnet bagi para pekerja, termasuk warga negara asing. Di kota ini kita dapat dengan mudah menjumpai ekspatriat di berbagai tempat umum seperti mall dan pusat perbelanjaan.

Fasilitas pendidikan di kota Surabaya juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini terbukti dari menjamurnya perguruan tinggi di Surabaya. Daftar perguruan tinggi yang ada di Surabaya sangat panjang, namun beberapa yang populer antara lain Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Kristen Petra dan Universitas Katolik Widya Mandala. Perguruan tinggi yang ada di Surabaya tidak hanya menjadi magnet bagi para mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah di Jawa Timur, namun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penimba ilmu yang berasal dari kota-kota di Indonesia Timur.

6. Malang

Kota Malang, bersama dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Batu merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia. Kawasan yang dikenal dengan sebutan Malang Raya ini menawarkan wisata kebun (agrowisata) yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk dan bersih. Selain menikmati wisata kebun, di Malang Raya Anda juga dapat berkunjung ke beberapa tempat rekreasi yang populer seperti Jatim Park 1 dan 2, Sengkaling, Selecta, Batu Night Spectacular dan Museum Angkut. Beragam pilihan wisata yang tersedia di Malang menjadikan kawasan ini sasaran utama para wisatawan yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga. Maka jangan kaget bila pada akhir pekan hotel, villa dan kost harian di Malang penuh dihuni oleh para wisatawan.

Kota Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan. Kondisi alam yang tenang, biaya hidup yang relatif murah dan beragam pilihan fasilitas pendidikan menjadikan kota Malang sebagai salah satu tujuan mahasiswa yang ingin menimba ilmu. Setidaknya ada lima perguruan tinggi yang menjadi favorit di kota Malang, yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Widyagama dan Universitas Merdeka Malang. Kombinasi tempat wisata dan fasilitas pendidikan tersebut menjadikan Malang Raya sebagai pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kost.

7. Bali

Siapa yang tak mengenal Bali? Kepopulerannya telah mendunia, bahkan orang-orang di luar negeri lebih mengetahui Bali daripada Indonesia. Ada begitu banyak tempat wisata di Bali yang menjadi favorit para pelancong, sehingga sangat sulit untuk menyebutkannya satu per satu. Sudah bukan rahasia bila potensi keuntungan yang ditawarkan dari menjalankan bisnis kost harian di Bali sangat luar biasa.

Selain menjadi tempat tujuan wisata, fasilitas pendidikan di Bali juga tidak kalah dengan daerah-daerah lain. Beberapa perguruan tinggi yang terkenal di Bali antara lain Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Tentu saja potensi keuntungan dari menjalankan usaha kost di kawasan sekitar kampus-kampus tersebut juga tidak kalah menggiurkan dibanding dengan bisnis kost harian yang menyasar wisatawan.

8. Medan

Ibu kota provinsi Sumatera Utara ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan juga menjadi gerbang bagi daerah-daerah yang terdapat di Sumatera Utara. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Sumatera Utara seperti Danau Toba dan Gunung Leuser terlebih dahulu akan singgah di kota Medan. Sebagai kota terbesar di Sumatera, kota Medan juga menjadi barometer perkembangan ekonomi di pulau ini. Sehingga bukan hal yang mengherankan apabila kost harian di kota Medan dipenuhi oleh para pelaku bisnis yang ingin merasakan percikan rupiah dari pesatnya pembangunan di kota ini.

Fasilitas pendidikan di kota Medan bisa dikatakan lebih maju dibanding kota-kota lain di Sumatera. Ada ratusan perguruan tinggi di kota Medan yang menjadi sasaran para pencari ilmu dari penjuru pulau Sumatera. Beberapa di antaranya adalah Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, IAIN Sumatera Utara, dan Universitas Cut Nyak Dhien. Fasilitas pendidikan yang memadai di kota Medan menyedot cukup banyak perantau dari daerah lain yang merupakan konsumen terbesar untuk bisnis kost di kota Medan.

9. Balikpapan

Balikpapan merupakan sebuah kota yang terdapat di Kalimantan Timur. Selain menjadi kota dengan biaya hidup termahal, Balikpapan juga dikenal melalui perekonomiannya yang didominasi oleh industri minyak dan gas. Perekonomian di kota Balikpapan bahkan dikatakan jauh lebih maju dibanding perekonomian kota Samarinda, yang merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Pesatnya perekonomian di Balikpapan mengundang kedatangan para pencari kerja yang berasal dari luar Kalimantan, Sehingga jangan kaget bila di Balikpapan Anda mendengar beberapa orang yang berbicara dengan menggunakan Bahasa Bugis dan Bahasa Jawa. Tingginya biaya hidup di kota Balikpapan dan banyaknya pendatang yang mencari kerja di Balikpapan merupakan sebuah kombinasi yang pas bagi Anda yang ingin menjalankan usaha kost di kota ini.

10. Makassar

Kota Makassar yang dulunya dikenal sebagai Ujung Pandang merupakan kota terbesar dan yang paling maju di kawasan Indonesia Timur. Kota yang terkenal dengan wisata baharinya ini merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki angka pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi. Hal ini terlihat nyata dari banyaknya investor yang menanam modal di kota Makassar dan semakin banyaknya jumlah kota satelit atau area pengembangan yang ada di Makassar seperti Tanjung Bunga dan Daya.

Fasilitas pendidikan di kota Makassar juga cukup memadai, bahkan menjadi magnet bagi para mahasiswa yang berasal dari Indonesia Timur. Sebut saja Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Atma Jaya Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Makassar merupakan beberapa perguruan tinggi yang menjadi favorit para penimba ilmu. Hal ini menjadikan kota Makassar sebagai salah satu kota yang patut untuk dipertimbangkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost.

Bonus: bodetabek

Roda perekonomian di Jakarta bisa berputar dengan baik karena didukung oleh kota-kota di sekitarnya, yaitu Bodetabek yang merupakan akronim dari Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Sudah bukan rahasia umum bahwa banyak orang yang bekerja di Jakarta namun tinggalnya di area pinggir jakarta. Bumi Serpong Damai, Alam Sutera dan Jatiwaringin merupakan beberapa perumahan yang dilirik oleh para pekerja yang ingin melepaskan diri dari penatnya ibu kota.

Bagi Anda yang ingin membuka cabang untuk usaha kos kosan namun terkendala dengan tingginya harga properti di Ibu Kota bisa melirik perumahan-perumahan di area Bodetabek. Selain harga rumah yang cukup terjangkau, peminatnya juga cukup tinggi.

Demikianlah beberapa kota di Indonesia yang paling diminati oleh para pencari kost. Semoga daftar ini bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk pengembangan usaha kost Anda.

One Response

  1. Freddy Santoso 30/05/2016

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda di SewaKost.comPASANG IKLAN