Ingin Menjadi Juragan Kost? Simak Tips Anti Gagal Berikut Ini

Siapa yang mau menjadi juragan kost? Tentu semua orang ingin menjadi juragan kost, terlebih setelah mengetahui berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis kost. Bisnis kost mampu memberikan penghasilan yang sifatnya rutin dan jangka panjang, selain itu pengelolaan bisnis ini juga tergolong sangat mudah, namun dibalik gurihnya bisnis kos kosan, ada beberapa kendala dalam menjalankan bisnis kost yang menjadi alasan bagi beberapa orang yang enggan untuk berkecimpung di bisnis ini. Beberapa kendala tersebut antara lain: dibutuhkan modal yang tinggi, terkadang ada anak kost yang bandel dan beberapa calon juragan kost takut bila usaha kost yang mereka rintis sepi peminat.

Bagi Anda yang masih ragu-ragu untuk terjun dalam bisnis kost, berikut ini beberapa tips anti gagal untuk menjadi juragan kost yang sukses:

1. Miliki Passion

Hal pertama yang harus Anda miliki untuk menjadi juragan kost yang sukses adalah passion atau hasrat, karena dalam menjalankan bisnis akan ada berbagai macam tantangan yang menjadi penghalang Anda untuk meraih kesuksesan. Passionlah yang akan membuat Anda mampu bertahan untuk mewujudkan impian Anda menjadi juragan kost, dengan adanya passion segala persoalan akan terasa lebih mudah, tak peduli seberat apapun masalahnya.

2. Lakukan Riset Pasar

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis kost, pastikan Anda melakukan riset pasar dengan tepat. Kenali pangsa pasar yang menjadi sasaran usaha kost Anda, apakah Anda ingin menargetkan mahasiswa, karyawan ataupun kost harian untuk para turis. Setiap pangsa pasar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya untuk kost putri yang diutamakan adalah lokasi kost yang aman dan dekat kampus, sedangkan untuk kost pria lokasi yang agak jauh dari kampus tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah harga sewa lebih murah dan fasilitas lebih lengkap.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan riset pasar, antara lain:

  • Lokasi kost yang strategis, dekat kampus atau perkantoran dan mudah dijangkau baik dengan jalan kaki atau dengan menggunakan kendaraan umum. Pastikan pula area tersebut aman dari tindakan kriminal
  • Kebutuhan fasilitas seperti AC, kamar mandi dalam dan internet. Tiap segmen pasar memiliki kebutuhan akan fasilitas yang berbeda.
  • Harga sewa kost yang terjangkau dan bersaing dengan harga kost lain di area yang sama.
  • Apakah di area tersebut dibutuhkan izin untuk menjalankan usaha rumah kost dan apakah ada ketetuan khusus seperti tidak boleh menerima kost campur.

3. Miliki modal dana yang Cukup

Setelah melakukan riset pasar dan menentukan seperti apa usaha kos kosan yang ingin Anda jalankan, maka langkah selanjutnya adalah segera mewujudkan rencana Anda. Pastikan modal yang Anda sediakan cukup. Dana yang perlu disediakan untuk menjalankan usaha kost antara lain:

  • Dana untuk membeli rumah kost
  • Renovasi rumah kost apabila diperlukan
  • Pembelian perabot seperti meja, kursi, lemari dan springbed
  • Pembelian alat elektronik seperti AC, kulkas, pemanas air, televisi dan mesin cuci
  • Gaji asisten rumah tangga dan petugas keamanan
  • Tagihan air, listrik, internet, keamanan dan kebersihan
  • Dana cadangan untuk operasional selama 6 bulan ke depan dan biaya tak terduga.

4. Melayani dengan Sepenuh Hati

Setelah bangunan rumah kost siap, tiba saat untuk memulai operasional rumah kost. Dalam menjalankan usaha rumah kost, Anda bisa mengelola sendiri rumah kost atau mempercayakan pengelolaan rumah kost kepada karyawan. Siapapun yang menjalankan pengelolaan rumah kost harus melayani dengan sepenuh hati. Menjalankan bisnis kos kosan tidak seperti membuka toko kelontong yang pasti ramai asal harganya murah. Bisnis kost lebih mengutamakan kepuasan anak kost, apabila mereka puas, maka mereka akan tinggal untuk jangka waktu yang lama, atau bahkan akan mengajak teman-teman mereka untuk pindah ke kost tersebut.

5. Promosikan Kost

Langkah terakhir namun sangat penting untuk menjamin kesuksesan Anda menjadi juragan kost adalah dengan mempromosikan kost Anda. Tidak peduli selengkap apapun fasilitas yang ditawarkan dan semurah apapun harga kost yang Anda tawarkan, apabila tidak dibarengi dengan promosi, maka usaha kos kosan Anda akan sepi dari peminat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kost agar cepat penuh, salah satunya adalah dengan mempromosikan kost Anda melalui internet.

Promosi kost melalui internet jauh lebih efektif dan lebih murah dibanding promosi kost secara konvensional seperti brosur, koran dan majalah. Hal ini disebabkan karena para mahasiswa yang merupakan pangsa pasar utama dalam bisnis kost menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet. Mereka sudah terbiasa untuk mencari segala macam informasi, termasuk informasi tentang rumah kost melalui internet. Salah satu website yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan kost adalah SewaKost.com.

Ternyata menjadi juragan kost tidak serumit yang dibayangkan, intinya adalah miliki keyakinan bahwa Anda pasti bisa menjadi pengusaha kost yang sukses. Semoga langkah-langkah sederhana di atas bisa membantu dan memotivasi Anda untuk segera mewujudkan impian Anda menjadi juragan kost.

One Response

  1. Rahardjo 24/07/2018

Leave a Reply

Mau kost lebih cepat penuh? Promosikan kost Anda diSewaKost.com